Tanggul Kali Gunting di Karobelah Mojoagung Jombang Longsor

Tanggul Kali Gunting di Desa Karobelah, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang yang longsor, Sabtu (03/04). [arif yulianto/bhirawa].

Jombang, Bhirawa
Tanggul Kali Gunting yang berada di Desa Karobelah, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang longsor. Pantauan di lokasi, tanggul di sisi timur Kali Gunting itu longsor hingga menyentuh tembok penahan sungai, Sabtu (03/04). Kejadian tanggul longsor ini juga sudah diunggah di sebuah di grup facebook.

Tak ayal, tanggul longsor sepanjang sekitar 7 meter itu hanya ‘dibentengi’ tembok penahan sungai yang di sebelahnya terdapat jalan beraspal di desa setempat. Sementara di sebelah timur jalan beraspal, terdapat deretan pemukiman warga.

Sehingga longsoran ini jika tidak segera diperbaiki, bisa membahayakan jalan beraspal tersebut, dan bisa membahayakan pemukiman warga setempat jika air besar datang.

Warga setempat bernama Ferdiana Afian Indis (39) mengungkapkan, tanggul longsor terjadi pada Jumat (02/04) kemarin sekitar pukul 13.00 WIB.

“Kan malamnya hujan, air datang (besar) kan pak,” ungkapnya.

Di lokasi sudah terpasang ‘police line’ sepanjang tanggul yang longsor. Menurut warga tersebut, setelah kejadian tanggul longsor, petugas langsung datang ke lokasi. Kemudian pada sekitar pukul 14.30 WIB petugas kepolisian dan kepala desa beserta perangkat desa setempat juga datang ke lokasi untuk kemudian memasang ‘police line’.

“Tadi juga sudah diukur, sekitar jam 11 siang, sudah ‘ngumpul’ semuanya, sudah diukur,” ungkapnya lagi.

Dia merasa khawatir jika tanggul yang longsor tersebut tidak segera diperbaiki. Terlebih lagi, posisi rumahnya tepat berada di depan titik yang longsor.

“(Sudah mepet tembok), (tanggulnya) sudah hilang semua,” ucapnya.

Dia berharap pemerintah segera mengambil tindakan dengan memperbaiki tanggul yang longsor tersebut.

“Dampaknya kan ke rakyat kecil ‘gini’ pak, depan rumah (lagi). Apalagi suami ‘ndak’ di rumah, mulai kerja,” tuturnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Jombang, Miftakhul Ulum saat dikonfirmasi, Minggu siang (04/04) menjelaskan bahwa, kewenangan atas Kali Gunting berada di Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas di Surabaya. Namun demikian, pihaknya telah melaporkan kejadian tanggul longsor tersebut ke BBWS Brantas.

“Iya mas, itu sudah kita laporkan ke BBWS karena sungai itu murni kewenangan ada disana,” tulis Miftakhul Ulum lewat pesan What’s App Telepon Selulernya.(rif)

Tags: