Tanggul Mengkuli Kabupaten Lamongan Jebol, Air Rendam Persawahan

Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan di lokasi tanggul Sungai Mengkuli.(Alimun Hakim/Bhirawa).

Lamongan,Bhirawa
Hujan dengan intensitas yang tinggi sejak Sabtu(13/12) petang, membuat volume air semakin meningkat. Tanggul Sungai Mengkuli,Dusun Dorogede,Desa Gedangan,Kecamatan Sukodadi Lamongan jebol tak kuat menahan laju arus dan volume air yang semakin meningkat.

“Hari ini kita sedang mengupayalan untuk mengatasi jebolnya tanggul.Terdapat 3 titik tanggul yang jebol dengan ukuran panjang masing – masing 20 sampai 25 meter,”terang Kasi Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan, Muslimin,Minggu(13/12).

Dia menjelaskan, Kami terjun langsung ke lokasi dengan segala perlengkapan hingga menerjunkan ekskavator untuk segera membendung tanggul yang jebol. Sementara peralatan lainya kita memakai gedek guling 12 Lembar,bongkotan 25 batang,terpal 5 lembar.

Dalam penanganan tanggul yang jebol, Badan Penanggulan Bencana Daerah(BPBD) setempat berkoordinasi dengan Kepala Desa yang kemudian dibantu dengan pihak Polsek dan Koramil Sukodadi.

Diungkapkan Muslimin, akibat tanggul jebol tersebut saat ini air merendam area persawahan milik warga Dusun Doro Gede dan Desa Rancang.Bahkan jalan penghubung Dusun Doro Gede dan Desa Rancang rusak dengan panjang kerusakan 20 meter.Namun,tidak ada korban jiwa akibat jebolnya tanggul ini.”pungkasnya. [aha.yit].

Tags: