Tanggulangi Banjir di Kabupaten pasuruan, Pusat Gelontorkan Rp346 Miliar

Sungai Welang di kawasan Kraton, Kabupaten Pasuruan saat dilanda banjir pekan kemarin.

Pasuruan, Bhirawa
Pemerintah pusat akhirnya mensuprot penanggulangan bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Pasuruan, tepatnya di kawasan Kraton. Suport itu dituangkan dalam bentuk program sudetan Sungai Welang yang memicu langganan banjir setiap tahunnya.
Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Pasuruan, Misbah Zunib menyampaikan pembuatan sudetan Sungai Welang untuk menanggulangi banjir di wilayah Kraton. Adapun total anggaran untuk penanggulangan banjir mencapai Rp 346 miliar lebih.
“Alhamdulillah pusat akhirnya menyuprot Sungai Welang untuk pembuatan sudetan sungai. Anggarannya langsung dari APBN,” tandas Misbah Zunib, Senin (10/2).
Dari besaran dana tersebut terbagi dalam dua kegiatan. Yakni, pembuatan sudetan dengan estimasi biasa sebesar Rp 211,90 miliar serta pembuatan longestrorage di sejumlah titik dengan biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 135 miliar.
“Keduanya itu masih dalam tahap perencanaan. Karena, ada sejumlah perubahan-perubahan yang mendasar,” papar Misbah Zunib.
Ia menjelaskan kegaitan itu adalah bagian dari kelanjutan penanggulangan banjir di Sungai Welang. Tahun lalu telah melakukan normalisasi di beberapa titik. “Apabila kegiatan ini terealisasi, kami langsung melakukan sosialisasi dilapangan. Utamanya sosialisasi ke warga-warga sekitar,” kata Misbah Zunib. [hil]

Tags: