Tanggulangi Covid-19, Coca-Cola Salurkan Bantuan Rp10 Miliar ke PMI

Presiden Direktur PT Coca-Cola Indonesia, Diego Gonzalez.

Surabaya, Bhirawa.
The Coca-Cola Foundation, Coca-Cola Indonesia, dan Coca-Cola Amatil Indonesia (Coca-Cola) telah mengumumkan komitmennya untuk memberikan bantuan kemanusiaan dalam menghadapi pandemi COVID-19 di Indonesia.
Coca-Cola memberikan bantuan senilai Rp10 miliar yang disalurkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai lembaga kemanusiaan yang berfokus pada penyediaan layanan vital bagi masyarakat yang terkena dampak dari wabah ini. Sekaligus sebagai kontribusi dari Coca-Cola untuk mendukung upaya PMI dalam membantu mengurangi penyebaran.
Presiden Direktur Coca-Cola Amatil Indonesia & PNG, Kadir Gunduz mengungkapkan pandemi COVID-19 merupakan krisis dunia dan bisnis perlu memainkan peran mereka dalam memberikan bantuan. “Hilangnya nyawa dan ancaman terhadap kesehatan masyarakat akibat penyebaran virus korona sangatlah menyedihkan. Oleh karena itu, bisnis memiliki peran penting dalam dalam situasi darurat, bersama dengan pemerintah, komunitas dan masyarakat.
Pada saat ini, saya ingin mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada semua pahlawan medis dan sukarelawan di garda depan yang bekerja siang dan malam untuk menjaga orang-orang tetap aman, berjuang melawan COVID-19. Kami sangat tersentuh dan menghormati keberanian dan ketangguhan mereka, ” terangnya, Kamis (16/4).
Adapun penyerahan bantuan kemanusiaan dilakukan oleh Presiden Direktur PT Coca-Cola Indonesia, Diego Gonzalez dan Managing Director Coca-Cola Amatil Indonesia & PNG, Kadir Gunduz kepada Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla. Penyerahan bantuan ini dilakukan di lokasi terpisah, dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah untuk menjaga jarak /physical distancing selama pandemi COVID-19 berlangsung di Indonesia.
Direktur Public Affairs and Communications PT Coca-Cola Indonesia, Triyono Prijosoesilo mengatakan ini adalah waktu yang sulit bagi kita semua dan kami di Coca-Cola berkomitmen penuh untuk turut dapat membantu.
“Setelah melihat perkembangan situasi COVID-19 di Indonesia, kami memutuskan untuk sementara waktu menangguhkan kegiatan periklanan kami. Prioritas kami saat ini adalah untuk mendukung keselamatan dan kesejahteraan karyawan kami dan juga masyarakat luas. Oleh karena itu, kami mengalihkan fokus untuk mendukung kegiatan kemanusiaan yang dapat membantu mengatasi wabah COVID-19,” jelasnya.
Sementara itu sejak 23 Maret 2020 lalu, kegiatan iklan komersial Coca-Cola beserta semua merek dagang Coca-Cola di Indonesia (Coca-Cola, Fanta, Sprite, Nutriboost, Frestea, Minutemaid Pulpy, Ades, Aquarius) telah berhenti sementara.
Ruang media dan sumber daya Coca-Cola akan dialih-fungsikan guna meningkatkan pemahaman dan kesadaran mengenai COVID-19, serta untuk mendukung bantuan dan tanggap darurat bagi mereka yang terkena dampak pandemi COVID-19.
“Mengatasi pandemi COVID-19 menjadi salah satu prioritas dari Palang Merah Indonesia (PMI). Kami memobilisasi sumber daya yang dimiliki PMI untuk masyarakat dan pemerintah dalam melakukan tindakan pencegahan, deteksi dan tindakan penanganan.
Dalam masa-masa yang penuh tantangan ini, kami sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Coca-Cola kepada kami. Dana yang diterima akan dimanfaatkan untuk kegiatan edukasi, serta penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) yang sangat dibutuhkan dan melaksanakan berbagai layanan PMI seperti ambulans, pertolongan pertama/ perawatan keluarga, distribusi logistik, layanan psikososial, penyemprotan disinfektan.” pungkas Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla.[riq]

Tags: