Tangkal Money Politik, Bawaslu Tuban Lakukan Patroli-Tempel Stiker

Ketua Bawaslu Kabupaten Tuban, Sullamul Hadi, S.Ag, SH, MH

Tuban, Bhirawa
Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tuban hari ini (6/12/2020) mulai melakukan Patroli Pengawasan Anti politik Uang. Patroli dilakukan oleh seluruh jajaran mulai dari Bawaslu kabupaten, Panwaslu kecamatan, Panwaslu Kelurahan/Desa hingga Pengawas TPS.

Seperti yang terjadi di kecamatan Tuban, panwaslu beserta PKD dan PTPS menyebar melakukan patroli. Dalam patrolinya selain mengajak masyarakat untuk menolak money politik, jajarannya Bawaslu ini juga melakukan giat gerakan rumah bermartabat dengan menempel stiker .

Stiker yang bertuliskan, “kami punya martabat, rumah kami menolak politik uang”tersebut ditempel secara langsung di pintu rumah penduduk.

M. Imron Anshori, ketua Panwaslu kecamatan Tuban mengatakan, bahwa patroli pengawasan anti politik uang ini adalah bagian dari bentuk komitmen Bawaslu kabupaten Tuban untuk menciptakan pemilukada yang bersih dari Money politik.

“Giat gerakan rumah bermartabat ini adalah bentuk komitmen kami untuk pilkada yg bersih dari politik uang”. Tutur pria yang akrab disapa imron tersebut.

Selain itu pihaknya juga akan menindak tegas apabila dalam patroli nanti menemukan praktik politik uang, khususnya pada masa tenang ini.

“Dalam melakukan patroli dimasa tenang iki jika kami menemukan praktik politik uang kami akan melakukan tindakan tegas sesuai dengan regulasi”. tambanya!

Dikonfirmasi secara terpisah Devisi Organisasi dan SDM Marp’uah mengatakan, patroli di masa tenang ini dilakukan secara serentak mulai tanggal 6 hingga 8 Desember 2020, ini sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Bawaslu RI Nomor 0822K.BAWASLU/PM.00.00/12/2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Patroli Pengawasan Anti Politik Uang pada Masa Tenang dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

“Patroli pengawasan ini adalah bagian dari tugas yang wajib kami laksanakan dimasa tenang untuk mengantisipasi gerakan money politik”. Kata perempuan yang berdomisili di kecamatan merakurak tersebut.

Sementara itu, ketua Bawaslu Kabupaten Tuban, Sullamul Hadi, S.Ag, SH, MH menuturkan pengawas pemilu dari panwascam sampai PTPS telah dihimbau untuk berkeliling melakukan patroli dimasa tenang dalam rangka memastikan tidak ada lagi kegiatan kampanye terlebih gerakan money politik dimasa tenang.

Pria kelahiran bulan Desember ini menambahkan, dengan adanya patroli Pengawasan money politik ini harapannya bisa mencegah gerakan gerakan yang mencederai Demokrasi yang mungkin saja timbul di masa tenang.

“Yang sangat kita waspadai dimasa tenang ini adalah gerakan jual beli suara dengan imbalan uang. Oleh karenanya kami berharap dengan adanya patroli ini, gerakan politik uang bisa kita cegah”.Terangnya!

Masih kata Hadi, pilkada yang bersih salah satu indikatornya adalah bebas dari politik uang.

“Politik uang itu tidak hanya mencederai Demokrasi tetapi juga aib dalam pemilu maupun pemilihan, “. pungkas Hadi. (Hud)

Tags: