Target Tercapai 80 Persen

Akhmad Yulianto MSi

Akhmad Yulianto MSi
Dibentuknya pansus optimalisasi PAD oleh DPRD Situbondo menjadi melecut, dan semangat jajaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Situbondo, untuk mewujudkan target pendapatan yang sudah ditetapkan pada 2023.

Hingga November 2023 ini, kata Akhmad Yulianto, Kepala DLH Kabupaten Situbondo, target optimalisasi PAD di instansi yang ia pimpin sudah mencapai 80 persen lebih. “Tinggal sedikit lagi tercapai 100 persen,” kupas mantan Inspektur Kabupaten Situbondo itu.

Masih kata Yulianto, hingga saat ini hasil penilaian dari pansus optimalisasi PAD DPRD Kabupaten Situbondo berjalan sangat baik. PAD yang bersumber dari pemakaian barang milik daerah, kata Yulianto, yang dikelola DLH Kabupaten Situbondo di kawasan parkir alun alun Kota, pujasera alun alun serta beberapa titik lain seperti di Jalan Seroja juga berjalan sangat optimal.

“Jadi kami sampai saat ini mencapai target sebesar 80 persen. Saya yakin dan optimis sampai akhir tahun tercapai 100 persen,” urai mantan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo itu.

Yulianto melanjutkan, saat ini ada sedikit kendala tentang minimnya pemasukan dari sewa tempat di Kecamatan Banyuglugur, karena disana terhambat oleh minimnya fasilitas serta keengganan penyewa untuk membayar karena alasannya kondisi sepi. Termasuk juga, imbuh mantan Kepala BKPSDM Kabupaten Situbondo itu, dibeberapa tempat yang ada di Kecamatan Panji, penyewa tidak mau membayar.

“Untuk alasannya saya tidak buka, tetapi nanti akan menggunakan upaya paksa. Karena jika tidak mau menyewa seharusnya tidak menempati tempat usaha milik Pemkab,” tegas mantan Kabag Organisasi Setdakab Situbondo itu.

Yulianto kembali memaparkan, pihaknya ditarget harus memenuhi pendapatan di kisaran Rp 180 juta per tahun. Untuk sumber pendapatan lain, ujar dia, yang digarap DLH Kabupaten Situbondo adalah retribusi persampahan, yang selalu berjalan optimal.

“Kedepan dengan adanya perda retribusi pajak, kami akan mengusulkan kenaikan retribusi persampahan. Untuk itu kami berharap PAD di DLH Kabupaten Situbondo semakin meningkat dan pelayanan akan semakin ditingkatkan,” pungkas mantan Kabid Bangsi pada BKPSDM Kabupaten Situbondo itu. [awi.iib]

Rate this article!
Target Tercapai 80 Persen,5 / 5 ( 1votes )
Tags: