Targetkan Pembangunan Uji KIR Kota Batu Rampung Tahun Ini

Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko bersama rombongan saat meninjau lokasi Tempat Uji KIR Kota Batu beberapa waktu lalu.(ist)

Kota Batu,Bhirawa
Gedung eks kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu yang berlokasi di Jl Raya Tlekung, Kecamatan Junrejo kini mulai disulap menjadi tempat pembangunan tempat Uji KIR kota batu. Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan beberapa waktu lalu. Wali kota menargetkan pembangunan tempat Uji KIR bisa dirampungkan tahun ini.

Pembangunan tempat Uji KIR Kota Batu ini sempat mengalami beberapa kali penundaan. Karena pembangunan ini terkendala pembongkaran gedung eks KPUD Batu. Setelah ditinjau Wali kota pada pekan lalu, akhirnya awal bulan Agustus ini pembangunannya mulai dilaksanakan, dan ditargetkan akan selesai bulan Desember tahun 2022 mendatang.

“Alhamdulillah progres pembangunan sudah dimulai, Insya Allah Desember (Desember 2022) awal, (pembangunan tempat Uji KIR) sudah selesai,” ujar Dewanti saat dikonfirmasi, Senin (8/8).

Sesuai dengan kontrak kerja, pelaksanaan pembangunan dilaksanakan selama 150 hari kerja. Dijelaskan Kepala DPKP Kota Batu, Bangun Yulianto bahwa pembangunan tempat Uji KIR ini seharusnya dilaksanakan bulan Juni lalu. Namun saat itu pembangunan terkendala pembongkaran gudang eks KPUD Kota Batu.

“Saat itu gudang di eks Kantor KPUD Kota Batu belum bisa dibongkar karena belum dilakukan pelelangan,” jelas Bangun.

Adapun di atas lahan seluas 3000 meter persegi tidak akan ada perombakan pada bagian gedung utama, hanya dilakukan penambahan hanggar seluas 8 x 45 meter. Pembangunan tempat uji KIR ini diperkirakan menelan biaya Rp 12.5 miliar. Rinciannya, anggaran pembangunan senilai Rp 5 miliar dan Rp 7 miliar untuk pengadaan alat uji KIR seperti, brake tester, smoke tester, dan speedometer

Ditambahkan Kepala Dinas Perhubungan Kota Batu, Imam Suryono diharapkan tempat uji KIR ini bisa menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kota Wisata ini. Diperkirakan dari tempat uji KIR ini diperkirakan Kota Batu bisa menyedot pendapatan Rp 1,5 miliar pertahun.

“Asumsinya, akan ada sekitar 7000 unit kendaraan untuk melakukan Uji KIR dengan retribusi Rp 100 ribu per unitnya,” ujar Imam.(nas.gat)

Tags: