Targetkan Surplus Daging, Disnakan Bondowoso Bina Peternak

Kepala Bidang peternakan Disnakan Bondowoso, drh Lilik Setyowati

Kepala Bidang peternakan Disnakan Bondowoso, drh Lilik Setyowati

Bondowoso, Bhirawa
Dalam rangka mendukung upaya Pemerintah untuk mencapai surplus daging serta menjaga kualitas dari daging hasil ternak petani, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) kabupaten Bondowoso secara rutin melaksanaan pembinaan untuk peningkatan produksi ternak.
Hal itu ditegaskan oleh Drh.Lilik Setyowati, Kepala Bidang peternakan Disnakan, saat ditemui sejumlah wartawan. Ia mengatakan, sebagai agenda rutin, maka setiap tahun petugas melaksanakan kegiatan pembinaan kepada kelompok petani ternak yang ada diwilayah Kabupaten Bondowoso.
“Pembinaan tidak hanya dilakukan kepada peani ternak saja, tapi juga diberikan kepada kelompok peternak pemula, dan hal itu tetap dilaksanakan secara berkelanjutan oleh kelompok peternak lama, ” katanya.
Menurutnya, kegiatan pembinaan ini dilakukan dengan tujuan untuk menambah wawasan anggota kelompok peternak, terutama tentang alih fungsi tehknologi. Selain itu, melalui pembinaan kelompok peternak juga mendapatkan kegiatan pendampingan tentang beternak yang bagus.
“Dalam kegiatan pembinaan anggota kelompok peternak dapat bertukar pikiran maupun  Tanya jawab antar penyuluh,” ujarnya.
Dijelaskan, tidak hanya tentang peternakan saja, tetapi petugas juga melakukan pembinaan tentang administrasi kelompok, dan sekaligus tatacara menjaga kwalitas bantuan ternak yang diberikan oleh pemerintah kepada masing-masing kelompok.
“Kami sangat berharap kepada semua kelompok perternak agar tetap memanfaatkan secara optimal, sehingga dapat menghasilkan ternak yang bagus, termasuk ternak pedaging.” Tegasnya.
Lilik menambahkan, berbagai teknologi dibidang peternakan telah disampaikan kepada masyarakat, salah satunya tehknologi tentang pembuatan opakan ternak, sehingga melalui pembinaan ini diharapkan kepada kelompok tani mapu mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh.
“Harapan kami dari Pemerintah Kabupaten Bondowoso kepada semua kelompok yang telah mengikuti pembinaan akan semakin mandiri dan dapat meproduksi daging lebih meningkat,” imbuhnya. [har]

Tags: