Taruna Tingkat II AAL Lakukan Outbond

3Surabaya, Bhirawa
Sebanyak 89 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat II Angkatan 61, melaksanakan outbond di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Purboyo, Malang, Kamis (19/6). Latihan yang berlangsung mulai tanggal 17 Juni kemarin, rencananya akan berlangsung hingga Jumat (20/6) hari ini.
Kepala Departemen Kepemimpinan AAL Kolonel Mar Suharto menerangkan, adapaun tujuan dari pelatihan di alam terbuka ini, merupakan langkah dalam menanamkan nilai-nilai hakiki manusia. Sebab, outbond ini berkaitan erat dengan pengembangan karakter dan dapat membentuk jiwa kepemimpinan pada diri taruna AAl.
“Outbond ini lebih kepada pembentukkan jiwa pemberani kepada para taruna AAL yang nantinya akan menghadapi tantangan sebenarnya,” terang Kolonel Mar Suharto, Kamis (19/6).
Dijelaskannya, adapun materi kepemimpinan yang diajarkan diantaranya adalah karakter, multiple intelligence, dan kegiatan NAC yaitu jendela mata hati, visualisasi, kepekaan naluri dan komunikasi micky mouse. Sedangkan materi outbond yang diikuti para taruna meliputi spider web, limbah beracun, evakuasi korban, amazone river, trust fall dan beam.
Menurut Suharto, maksud dan tujuan dari latihan outbond bagi Taruna AAL adalah untuk memberikan bekal latihan agar para taruna mampu meningkatkan motivasi, integritas kepribadian dan produktivitas dari suatu tim dengan membentuk sumber daya manusia (SDM) yang mempunyai kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual yang berkualitas lebih tinggi.
“Sasaran dari latihan ini adalah agar para taruna mampu mengasah dan meningkatkan kemampuan dalam hal kepemimpinan, membangun tim yang solid, kompak dan efektif, membangun karakter diri yang positif seperti kepercayaan diri, keberanian, tidak egois dan sebagainya”, jelas Kepala Departemen Kepemimpinan AAL Kolonel Mar Suharto.
Ditambahkannya, dalam dunia pendidikan saat ini aspek karakter merupakan bagian yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan sehingga harus digali, dipahami, diyakini dan selanjutnya dilaksanakan.
Berbagai upaya terus dilaksanakan salah satu bentuk perwujudannya adalah latihan kepemimpinan melalui outbound dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan program pengasuhan, yaitu dengan meningkatkan kemampuan pola pengasuhan pengembangan karakter agar dapat membentuk jiwa kepemimpinan pada diri taruna.
“Pengembangan karakter ini, bertujuan agar para taruna mampu membekali dirinya dalam penugasannya sebagai calon pemimpin TNI AL pada khususnya dan pemimpin bangsa pada umumnya,” tandasnya. [bed]

Rate this article!
Tags: