Tarung Derajat Jatim Kirim Tiga Atlet Ke NTB

12-tarungSurabaya, Bhirawa
Try out Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Jatim ke Nusa Tenggara Barat bakal menjadi ujian bagi tiga atlet baru. Karena mereka disana akan berhadapan dengan atlet terbaik dari Bumi Gora itu.
Tiga atlet baru tersebut adalah Aulia Nur Dini, Arfilinda Helmi dan Bima.  Rencananya, Dini akan dipersipakan tampil di kelas 52-55 kg dan Linda kelas 55-58 kg, “Memang ada beberapa atlet baru yang kita bawa ke try out, mereka hasil pembinaan  yang akan kita siapkan dalam PON 2016 Jabar nanti, ” ujar Ketua Harian Pengprov Keluarga Tarung Derajat (Kodrat)  Jatim, Erwin H. Poedjono, Kamis (11/9).
“Kita lihat kemampuannya di NTB, sudah bisa adaptasi atau belum dengan tarung derajat, ” tambah Ketua Bidang Umum Kodrat Jatim, Muhammad Muchsin.
Ketiganya hingga saat ini belum masuk Program Puslatda Jatim proyeksi PON Jabar 2016. “Kuota Puslatda dari KONI terbatas, tahun ini kita dapat tambahan satu pelatih dan satu atlet sparing. Namun Pengrpov tetap melakukan pembinaan, bagi atlet yang punya potensi, ” katanya.
Sementara  Kabid Pembinaan Prestasi Pengprov Kodrat Jatim, Tutur mengatakan, meski debutan baru namun secara teknis kemampuan ketiganya cukup bisa diandalkan, “Cuma jam terbang memang perlu ditingkatkan. Kita bawa ke NTB juga  untuk menambah pengalaman bertanding. Harapanya, teknik dan mental semakin terbentuk, ” ujarnya.
Ditambahkan Tutur, peluang meraih medali PON 2016  di sektor putri cukup karena persaingan tidak begitu ketat dibandingkan kelas putra, “Kalau putri selain tidak begitu banyak. Kualitas juga rata-rata tidak terlalu berbeda jauh. Kesempatan dapat medali cukup terbuka, ” ucapnya.
Selama tiga hari berada di NTB, tim tarung derajat Jatim akan melakukan serangkain program latihan, mulai latihan fisik hingga ujicoba menghadapi tim PON tarung derajat NTB. Pada PON 2012 lalu, NTB mendulang satu medali emas sedangkan Jatim mendapat satu perak,  “Dua hari kita lakukan ujicoba dengan  tim PON NTB dan Tim Porprov mereka, sistemnya empat petarung NTB akan dihadapi satu atlet Jatim,  ” pungkasnya. [wwn]

Tags: