TBI Bidik Anak-anak hingga TNI

Kota Malang, Bhirawa
The British Institute (TBI), kini hadir di Kota Malang. Secara resmi sejak tanggal 16 April ini TBI berkantor di Jalan Bandung nomor 14 Kota Malang. Direktur TBI, Mariam Kartikatresni mengatakan, pihaknya hadir di Malang, disaat usia TBI telah mencapai 30 tahun.
Menurut dia, dipilihnya kota Malang, untuk pengembangan TBI, karena dia melihat minat besar masyarakat Kota Malang dalam belajar bahasa Ingris. “Kami membidik kalangan anak-anak hingga karyawan perusahaan, PNS, dan kalangan TNI,” terangnya, Selasa (15/4) kemarin.
Menurut dia, di zaman yang serba moderen ini, bahasa menjadi kebutuhan. Apalagi era perdagangan bebas sudah akan segera dimulai pada pada tahun 2015 mendatang. “Era perdagangan bebas, kemampuan berbahasa Inggris penting untuk dimiliki semua kalangan, termasuk anggota TNI,” tuturnya.
Secara khusu TBI akan melakukan kerja sama dengan Kostrad. Para anggota Kostrad di Malang, bakal mendapatkan pelatihan Bahasa Inggris yang dibimbing oleh TBI Malang. TBI Malang, ujar Mariam akan melakukan penandatanganan kerja sama dengan Divisi Infanteri II Kostrad Malang, terkait penyelenggaraan pembelajaran Bahasa Inggris di lingkup lembaga militer tersebut. “Dengan adanya kerjasama ini, kami akan memberikan pelatihan kemampuan skill Bahasa Inggris pada personil TNI. Kerjasama serupa sudah kami lakukan di Jakarta,” kata Mariam.
Menurutnya, pelatihan tersebut penting diberikan untuk personil Kostrad. Sebab selama ini sering kali  personil TNI yang harus melakukan pelatihan militer ke luar negeri. “Jika ada personil yang akan melakukan pelatihan militer ke luar negeri kami siap memberikan pelatihan intesif antara dua hingga tiga bulan. Biasanya mereka memang belajar untuk standar internasional,” tuturnya.
Ditanya soal teknis pelaksanaan pelatihan, Mariam mengaku masih akan dibicarakan dengan Pangkostrad. “Mengenai model dan teknis pelatihan akan kita bicarakan lebih lanjut,” tandasnya. [mut]

Rate this article!
Tags: