Tekan Penyebaran DBD, Kodim 0824/Jember Lakukan Fogging

TNI saat melakukan fogging rumah penduduk untuk mengantisipasi penyebaran DB didesa Paseban Kec.Kencong, Senin (20/1/2020)

Jember, Bhirawa
Tekan penyebaran Deman Berdarah, TNI turun lapangan lakukan fogging/pengasapan. Di dampingi petugas dari puskesmas, tentara melakukan fogging disetiap rumah penduduk. Seperti yabg dilakukan di Desa Paseban Kec. Kencong Jember, Senin (20/1/20).
Danramil Kencong Kapten Inf Bambang Hari M mengatakan, fogging ini dilakukan untuk memutus rantai berkembangbiaknya nyamuk
aedes aegypti. ” Ini salah satu upaya TNI yang peduli terhadap penyebaran virus demam berdarah akibat gigitan nyamuk aedes aegypti disaat musim penghujan,” katanya.
Selain melakukan fogging, pasukan berseragam hijau ini juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat dalan mencegah penyebaran demam berdarah. ‘ Masyarakat diharapkan mengefektifkan kembali 3 M, yakni Menguras, Menutup dan Mengubur tempat berkembang biaknya jentik-jentik aedes aegypti. Misalnya, kamar mandi, bak air bersih dan mengubur kaleng dan sampah-sampah yang menjadi potensi sarang nyamuk,” ujarnya.
Dalam kegiatan ini, sedikitnya ada 200 rumah penduduk yang menjadi sasaran fogging yang berada di dusun Balekambang dan dusun Pasepan Desa Paseban Kec. Kencong Kab. Jember.
Sementara, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf. La Ode M. Nurdin mengapresiasi langkah antisipasi yang dilakukan jajarannya diwilayah. Bahkan La Ode berharap, agar seluruh jajarannya untuk memonitor wilayahnya dan segera beri bantuan pendampingan jika terjadi wabah demam berdarah.
” Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar membiasakan
hidup bersih, terutama disekitar lingkungan rumah, bagian-bagian yang berpotensi menjadi sarang nyamuk, hendaknya segera dibersihkan, bak-bak air upayakan selalu dikuras dan diganti air yang baru. Ini untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti tersebut,” pungkasnya.(efi)

Tags: