Telkom Luncurkan Kampung UKM Digital

Foto: ilustrasi

Foto: ilustrasi

Surabaya, Bhitawa
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mendukung program pemerintah untuk kemajuan UKM Indonesia. Salah satu program pengembangan UKM yang saat ini tengah berjalan yakni Roadshow Program BAGUS Indonesia.
Sebuah gerakan untuk membina aspirasi Satu Juta UKM di seluruh Indonesia. Program BAGUS Indonesia sendiri berupa kegiatan edukasi langsung untuk memperkenalkan manfaat pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kepada pelaku UKM.Kini, Telkom kembali meluncurkan program Kampung UKM Digital. Dalam program ini, Telkom menyasar wilayah urban atau kampung dimana masyarakatnya merupakan kumpulan beberapa pelaku UKM.
“Konsep Kampung UKM Digital adalah pemanfaatan TIK secara komprehensif dan terintegrasi untuk mendukung proses bisnis yang berjalan dalam satu kampung, sehingga para pelaku UKM yang ada semakin maju, mandiri dan modern,” ungkap Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin.
Di Kampung Keranggan terdapat 200-an warga yang menjalankan bisnis snack atau makanan ringan ; kripik pisang, enye singkong, opak, rengginang, dan lain-lain. Model produksi dan pemasaran yang dijalankan masih tradisional, dihimpun di galeri Koperasi Cipta Boga.
“Melalui program Kampung Keranggan Goes Digital ini, diharapkan pemasaran produk yang selama ini mengandalkan off-line, kini bisa dilakukan on-line. Pelaku UKM Kampung Keranggan dapat memanfaatkan aplikasi yang disediakan Telkom, seperti BosToko, Jarvis-Store, blanja.com dan www.smartbisnis.co.id ,” lanjut Awaluddin. [ma]

Rate this article!
Tags: