Telkom Manjakan Pelaku UKM, UMKM Untuk Lebih Kreatif

telkomselSurabaya, Bhirawa
Tanpa henti, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) senantiasa memanjakan pelaku bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) agar semakin kreatif, mandiri dan hebat. Berbagai
program diluncurkan Telkom, sejak pencanangan Program Indonesia Digital Entrepreneur (IndiPreneur) tahun 2013.
Diantaranya peluncuran paket SME Indonesia Bisa di 100 sentra industri, portal registrasi UKM www.smartbisnis.co.id, aplikasi khusus e-POS (Point of Sales) yang diberi nama BOSTOKO hingga aplikasi CRM khusus untuk UKM berbasis android yakni ZAPA.
Berbagai penghargaan juga telah diterima Telkom atas kepedulian dan aktifitas yang dilakukan untuk memberikan layanan, dan kemudahan bagi pelaku UKM dalam mengembangkan bisnisnya, baik dalam negeri maupun luar negeri. Belum lama ini, kinerja Telkom di apresiasi dan menerima penghargaan atas program IndiPreneur dari Komunitas Telcos Dunia dalam ajang World Communication Award 2014 yang diselenggarakan
di London, tanggal 2 Desember 2014 untuk kategori Best Small Business Service.
Kini Telkom melakukan soft launching SME in a Box dengan produk yang diberi nama SHOP-BOX, sebuah produk dan layanan untuk lebih memudahkan pelaku bisnis UKM menikmati konektivitas dan aplikasi BOSTOKO, sekaligus Registrasi smartbisnis dan layanan lainnya secara terintegrasi. Seluruh layanan itu tersedia dalam satu boks/kotak, dimana dengan sekali bayar maka pelaku UKM langsung mendapatkan semuanya.
“Ini wujud komitmen Telkom untuk selalu mengembangkan UKM Indonesia menjadi UKM Hebat. Berbagai produk dan layanan senantiasa kami kembangkan untuk kemudahan UKM. Disamping itu kami juga menyediakan berbagai akses/channel bagi UKM untuk berinteraksi langsung dengan Telkom, baik melalui visiting/diskusi langsung, telepon 500250 atau
digital/social media,” jelas Muhammad Awaluddin saat membuka soft-launching SHOP-BOX.
Awaluddin menambahkan, khusus SHOP-BOX ini, Telkom memberikan produk dan layanan yang sangat praktis. Pelaku UKM tinggal order satu kotak SHOP-BOX yang sudah berisi modem speedy, aplikasi BOSTOKO, aplikasi smartbisnis, panduan penggunaan yang sangat sederhana sehingga pelaku UKM bisa mengaktifkan sendiri baik Speedy secara plug-and-play maupun Aplikasinya.
Pada tahap pertama di Bulan Desember 2014, ditargetkan 100 paket produk untuk dua sentra UKM (Kemang Food Garden dan Pasar Santa), selanjutnya dicanangkan 20 ribu paket produk selama tahun 2015. Selain kemudahan, Telkom juga menawarkan harga yang terjangkau bagi pelaku UKM. Sebagai contoh, paket akses internet 1 MBps plus aplikasi dan layanan lainnya cukup Rp200 ribu per bulan. Telkom mengalokasikan investasi sebesar Rp4 miliar untuk pengembangan layanan SHOP-BOX.
Pada kesempatan yang sama, Telkom juga melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan dengan 20 counter kuliner dari 30 counter Café Kemang Food Garden milik aktor/aktris terkenal Baim Wong dan Cut Memey ini. Ini membuktikan produk SHOP-BOX sangat dinanti oleh pelaku UKM. [ma]

Tags: