PT Telkom Percepat Sambungan Serat Optik

Foto: ilustrasi

Foto: ilustrasi

Surabaya, Bhirawa
PT. Telekomunikasi Indonesia terus berupaya untuk memberikan layanan kepada masyarakat, kali ini perusahaan milik negara itu (BUMN) akan mempercepat sambungan kabel serat optic ke rumah-rumah  atau fiber to the home.
Tingginya permintaan ini juga dipicu dengan obsesi semua kota/kabupaten untuk menjadikan kotanya menjadi smart city, dan ICT menjadi salah satu enabler untuk mewujudkan hal tersebut.
Mewujudkan hal tersebut, saat ini Telkom tengah mempercepat penggelaran jaringan kabel serat optik dan melakukan modernisasi jaringan dengan mengganti kabel tembaga menjadi kabel serat optik di hampir seluruh kota kabupaten.
Kelebihan jaringan kabel serat optik ini dibanding teknologi yang sudah ada sebelumnya terutama adalah dari sisi kecepatan mengantarkan data yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kabel tembaga, ADSL atau kabel Coaxial.
Kecepatan trannsfer data atau internet dengan teknologi FTTH ini mencapai 100 Mbps, sangat berbeda jauh dengan kabel tembaga yang hanya mampu mengantarkan data maksimal sebesar 5 Mbps.Dari sisi panggilan, kabel tembaga hanya mampu menangani 6 panggilan telepon secera bersamaan sedangkan 1 kabel serat optik mampu melakukan panggilan hingga 2,5 juta panggilan telpon secara bersamaan.
Dengan teknologi FTTH ini masyarakat dapat menikmati kejernihan telepon, layanan televisi yang berkelas dan internet berkecepatan tinggi sekaligus atau biasa disebut dengan triple play. Upaya Telkom membantu kota/kabupaten menjadi smart city diantarnya adalah dengan memperbanyak titik-titik akses internet di publik-publik area. “Kami akan penuhi kebutuhan ICT seluruh segmen pelanggan mulai dari government sector, public sector, dan private sector” kata Deputy Executive Vice President Marketing Regional V Jatim Bali Nusra, Djatmiko.
Bagi pelanggan residensial, Telkom memberikan layanan IndiHome berupa akses 3 layanan sekaligus yakni telepon free lokal/interlokal 1000 menit, internet kecepatan tinggi, dan USeeTV 69 channel “Semua ini kami berusaha penuhi secara bertahap sehingga pelanggan terpuaskan” kata Djatmiko.
Khusus di Hari Pelanggan Nasional tahun 2015 ini yang mengambil tema “Senyum Pelanggan Indonesia”, jajaran manajemen Telkom Regional V Jatim, Bali, Nusra langsung turun ke lapangan, melakukan courtessy visit, dan membantu proses pasang baru bahkan sampai memastikan layanan yg diberikan sudah ON di pelanggan.Dikatakan oleh Djatmiko “ Selain mempercepat penggelaran infrastruktur, yang lebih penting kami sedang berupaya perbaiki kualitas layanan sehingga bisa memberikan service excellence”. [ma]

Tags: