Telkomsel Naikkan Kapasitas Jaringan Jelang Tahun Baru

8-foto-BSurabaya, Bhirawa
Mengantisipasi kemungkinan lonjakan trafik saat Tahun Baru hampir semua operator telah meningkatkan layanan dan menaikkan kapasitas jaringan khususnya di beberapa tempat keramaian baik tempat wisata, bandara maupun tempat ibadah.
Telkomsel saat ini lebih fokus di 200 lebih titik keramaian area Jawa Bali dengan mendirikan posko siaga untuk mempermudah pelanggan mengetahui dan mendapatkan produk dan layanan selama masa liburan ini. “Posko siaga bisa ditemui di lokasi-lokasi seperti bandara Juanda, Ngurah Rai, Pelabuhan ketapang, Pelabuhan Gilimanuk, Pantai Kuta KBS Surabaya, Taman Bungkul, tempat wisata dan alun-alun di setiap kota,” ungkap Executive Vice President Telkomsel Area Jawa Bali, Yetty Kusumawati, Senin (29/12).
Telkomsel juga telah mensiapkan sebanyak 80 unit Base Transceiver Station (BTS) baru ditambah 37 unit BTS bergerak (Combat) dan 59 Mobile GraPARI juga bekerjasama dengan Telkom untuk memasang wifi sebagai solusi Crowd Management untuk melayani peningkatan pelanggan dan trafik komunikasi.
“Seluruh perangkat jaringan Telkomsel yang terpasang di Jawa Bali mampu melayani hingga 47 juta pelanggan, sedangkan untuk trafik pemakian data kami perkirakan akan mencapai 307 terabyte atau naik sekitar 31,89 persen dibandingkan trafik pada hari-hari biasa,” jelasnya.
Selain layanan data, diperkirakan lonjakan trafik voice selama momen libur akhir tahun mencapai 299 juta menit atau naik 5,85 persen. Sementara layanan pesan pendek mencapai 199 juta SMS, naik 20,14 persen dibandingkan trafik normal hari biasa sekitar 165 juta SMS untuk wilayah Jawa Bali.
Terkait penguatan kapasitas jaringan PT XL Axiata Tbk (XL) juga telah  menyiagakan jaringannya secara maksimal terutama di kota-kota besar serta daerah tujuan wisata.
“Untuk memastikan kenyamanan pelanggan selama masa liburan Natal dan Tahun Baru, XL sudah mempersiapkan jaringan dengan antara lain menaikkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat. Kami memperkirakan sepanjang liburan panjang ini nanti akan terjadi kenaikan trafik layanan pada voice  sebesar 5 persen, SMS 10 persen, dan Data sekitar 15-20 persen dari trafik normal sehari-hari. Tentu kami akan terus memantaunya dan memastikan semua berjalan semaksimal mungkin,” ungkap Deputy Chief Commerse Officer XL East & North, Kencono Wibowo.
Sementara trafik East Region saat ini adalah, voice 60.034.535 menit/hari, sms 148.110.953 sms/hari dan trafik data lebih dari 68 GB/hari. Sedangkan penambahan BTS di 2014 lebih dari 1500 site. “Berbeda dengan Ramadan dan Lebaran, peningkatan trafik di Natal dan Tahun Baru cenderung terjadi di area tertentu, seperti pusat perbelanjaan, lokasi rekreasi dan hiburan, pelabuhan, dan bandara,” ujarnya.
Kencono menambahkan, jaringan XL juga didukung teknologi canggih antara lain adalah MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional. Dengan menerapkan sistem pool ini, jaringan akan terlindung dari lonjakan trafik  pada satu lokasi tertentu karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik.
Selain itu peningkatan kapasitas jaringan akan dilakukan di beberapa titik lokasi antara lain Night Market Suroboyo Carnival, Kota Batu, Malang, Pantai Kuta dan Bandara Ngurah Rai di Bali. Hal yang sama juga dilakukan di NTB yaitu di kota Mataram, Senggigi, Wisata Gili dan Bandara Praya di Lombok.
Sedangkan Indosat telah menyiapkan langkah-langkah menghadapi lonjakan dengan meningkatan kapasitas jaringan dan juga optimalisasi jaringan pada wilayah-wilayah dengan trafik padat saat Natal, Tahun Baru dan libur akhir tahun.
“Menghadapi masa Natal 2014 dan Tahun Baru 2015, serta liburan akhir tahun ini, Indosat telah menyiapkan kapasitas layanan yang disesuaikan dengan perkiraan kenaikan trafik yang akan terjadi di masa-masa tersebut,” pungkas Division Head Public Relation Indosat, Adrian Prasanto.
Untuk kapasitas trafik suara menjadi 2.340 juta menit/hari atau 39 juta /hari, untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 1,285 milyar SMS/hari, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 1075 Terabyte/hari. “Peningkatan ini didasarkan pada peningkatan trafik telekomunikasi di masa-masa Natal dan Tahun Baru pada tahun-tahun sebelumnya, pada hari Natal 2014 kemarin, trafik suara nasional mengalami peningkatan sebesar 5,13 persen, trafik data naik 40,89 persen, dan trafik SMS naik 12,76 persen dibanding hari biasanya,” jelasnya. [riq]

Keterangan Foto : Executive Vice President Telkomsel Area Jawa Bali, Yetty Kusumawati saat memantau kenaikkan trafik di posko siaga NARU Telkomsel di kantor Telkomsel Telecommunication Center Gayungan Surabaya.

Tags: