Tempuh Tiga Kilometer Demi Dapatkan Air Bersih

Krisis Air Bersih di LumajangSampang, Bhirawa
Kekeringan yang terjadi akibat musim kemarau, warga Dusun Lembenah, Desa Tlambah, Kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang dua bulan terakhir kesulitan mendapatkan air untuk kebutuhan sehari-hari. Akibat kelangkaan air yang terjadi, warga harus menempuh hingga jarak 3 kilo meter untuk mendapatkan air bersih yang berasal dari sumur tua.
Tak hanya kaum laki-laki saja yang ikut antri untuk mendapatkan air bersih, para pemudi juga rela memikul dan berjalan kaki untuk mendapatkan air bersih yang jaraknya mencapai 3 kilo meter tersebut. Subaidi salah satu warga mengatakan, dalam memperoleh air bersih memang tidak mudah, selain menempuh jarak yang cukup jauh, warga juga harus antri, karena banyak warga yang mengambil.
Menurutnya, hanya sumur tua tersebut yang bisa dimanfaatkan oleh warga di Dusun Lembenah, Desa Tlambah, Kecamatan Karang Penang, guna memenuhi kebutuhan buat minum dan memasak. “Meski jaraknya sampai tiga kilo meter warga tetap banyak yang datang,” imbuhnya.
Di tempat terpisah, Plt Kepala BPBD Kabupaten Sampang Anang Djoenaidy mengaku akan mengecek mengenai sumpai air bersih yang dilakukan pihaknya, apakah Dusun Lembenah, Desa Tlambah, Kecamatan Karang Penang masuk zona distribusi air atau tidak. [lis]

Tags: