Tenant Mall Bantu Kontribusi Okupansi Hotel

Gandeng Tenant Mall, bantu kontribusi okupansi hotel.

Gandeng Tenant Mall, bantu kontribusi okupansi hotel.

Surabaya, Bhirawa
Untuk mendongkrak okupansi, kini perhotelan mulai menggandeng tenant mall, untuk saling berbagi promosi dengan saling memberikan referensi tenat maupun hotel. Seperti saat tenant menggelar acara pihak hotel memberikan tarif khusus.
Menurut Marketing Communication Manager Harris & Pop Hotel Gubeng Surabaya, Setiawan Nanang mengungkapkan, sistem ini cukup menguntungkan kedua belah pihak, mall diuntungkan karena tenantnya merasa terfasilitasi dengan baik. Begitu pula di pihak hotel juga diuntungkan karena cukup membantu kontribusi okupansi yang cukup lumayan.
“Untuk saat ini, kami dari Harris & Pop Hotel Gubeng Surabaya sudah menerapkan bisnis ala bundling mall tersebut dengan menggandeng Grand City Mall & Convex Surabaya. Dari tenant yang ditawarkan ke kami di setiap even ada di sana, cukup berkontribusi sekitar 10 hingga 15 persen untuk total okupansi hotel kami,” terangnya, Minggu (14/8) kemarin.
Setiawan menambahkan, dari pihaknya juga tak melewatkan untuk mempromokan Grand City kepada para tamu hotelnya, bahkan shuttle bus hotel pun rutenya diarahkan menuju Grand City.
“Cara ini cukup membantu mendorong okuansi hotel kami dimana momen Lebaran kamarin okupansi kami sempat menurun hingga 15 persen karena marak orang-orang menuju wisata luar kota bahkan luar pulau. Namun, pick up okupansi kami bangkit pada pasca Lebaran dengan peningkatan okupansi hingga 30 persen. Hal ini terjadi karena maraknya penggunaan ruang meeting dan reuni dari segmen goverment dan corporate,” ujarnya.
Usai lewati masa Lebaran, Harris & Pop Hotel Gubeng Surabaya sempat melonjak okupansinya hingga 100 persen sebab efek dari digelarnya UN Habitat yang digelar di Grand City.
“Rata-rata okupansi hotel kami di hari normal mencapai 70 persen di setiap bulan, detailnya untuk Harris Hotel, sekitar 50 persen okupansi disumbang oleh goverment dan corporate, Untuk Pop Hotel, travel agent offline menyumbang 40 persen, travel online 15 persen dan Go Show (transaksi langsung) berkontribusi 10 persen dari total okupansi perbulan. Hingga akhir Agustus ini, kami berharap okupansi mencapai 80 persen dan POP Hotel Gubeng Surabaya bakal mencapai 81 persen,” pungkas Setiawan. [riq]

Tags: