Tepat Sasaran, Partisipasi Pihak Ketiga Capai Rp1,2 M Lebih

Gematumaskin 2014 1Pemkab Tuban, Bhirawa
Partisispasi pihak ketiga program unggulan Gerakan Bersama Membantu Masyarakat Miskin (Gematumaskin) dalam pengurangan angka kemiskinan di Kabupaten Tuban sangat tinggi, baik itu dari perusahan, organisasi atau lembaga profesi, persorangan yang ada di Bumi Wali Tuban.
Seperti yang dilakukan oleh Bank Jatim Cabang Tuban, perusahan perbankan milik pemerintah  Provinsi Jatim ini saya membantu rumah layak huni sebanyak 100 unit rumah, belum lagi dari PT Semen Indonesia Tbk, PT Holcim Indonesia Tbk, PT Pertamina EP dan perusahan lainnya.
“Dari pihak ke tiga non APBD, kita perkirakan Rp. 1,2 Milyard dan mungkin bisa lebih, contoh seperi dari badan amil zakat (BAZ) Rp. 100 Juta, Bank Jatim Rp.500-600 Juta, belum lagi dari PT Semen Indonesia Tbk, PT Holcim Indonesia Tbk, dan perusan lain-nya,” Kata Plt. Sekda Tuban Ir. Budi Wiyana, M.Si
Lebih lanjut diterangkan bergulirnya Gematumaskin Tahap III adalah karena mempertimbangkan angka kemiskinan yang masih cukup tinggi di Kabupaten Tuban, yang pada tahun 2013 sebesar 17,16%  dan sebagaimana kunjungan lapangan pada Gematumaskin Tahap I dan II, diindikasikan masih cukup banyak masyarakat yang masih membutuhkan bantuan sosial, peningkatan ekonomi sampai dengan kebutuhan sarana dan prasarana.
Sementara itu, Bupati Tuban, H. Fathul Huda mengungkapkan membantu masyarakat miskin adalah sebuah kewajiban, bahkan diibaratkan ketika di lingkungan masyarakat masih ada yang miskin dan kita tidak berusaha membantu maka ibadah-ibadah kita seperti umroh, haji dan sholat pun akan bernilai sia-sia tanpa pahala.
“Oleh karena itu, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan, selain berupa harta benda diharapkan masyarakat dapat membantu semampunya. Bagi stakeholder kepedulian kepada masyarakat miskin diluar program CSR yang jelas dan bermanfaat serta terkoordinir dengan baik,” Harap Bupati Huda pada pencanangan program Gematumaskin III di Desa Kedung Makam Kecamatan Jatirogo pada akhir bulan januari kemarin.
Untuk diketahui, Pemkab Tuban kembali melakukan program Gematumaskin III dengan mengalokasikan anggran sebesar Rp.22.963,747,226. Pada tahun sebelumnya (2013.red), Pemkab menganggarkan dari dana APBD sebesar Rp.8,257.325.000, yang disebar pada 20 Desa model, akan tetepi untuk tahun ini (2014.red), selain masih memberikan suport untuk desa model, juga telah ditambah dua desa miskin dari masing-masing kecamatan. [hud*]

Caption foto : Bupati Tuban, H. Fathul Huda saat memberikan sambutan dalam pencanangan program Gematumaskin III tahun 2014 di Desa Kedung Makam Kecamatan Jatirogo. [hud/bhirawa]

Tags: