Terapkan Nilai Agama di Pelayanan

Eri Cahyadi

Eri Cahyadi
Selama ini banyak orang merasa pelayanan publik di Kota Surabaya sudah sangat baik. Bahkan pelayanan kini tidak hanya tersentra disatu titik di tengah kota, tapi beberapa pelayanan sudah ada di tingkat kelurahan. Tentunya pelayanan itu sangat memudahkan masyarakat.
Meski begitu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi tampaknya ingin pelayanan lebih maksimal lagi. Kali ini yang disentuh adalah sisi spiritualitas para pelayannya. Dia menyampaikan, di dalam kitab suci Alquran, terdapat ayat yang mengatur bagaimana tugas pemimpin atau pejabat dalam melayani masyarakat. Ia memberikan satu contoh, yaitu soal keramahan dan senyum ketika seorang pejabat memberikan pelayanan kepada masyarakat, dengan itu maka akan dinilai sebagai ibadah.
“Jadi di dalam Alquran itu juga ada bagaimana cara kerja tugas pejabat, atau pelayan publik. Bagaimana kita mengimplementasikan ajaran agama di dalam sebuah pekerjaan,” kata Wali Kota Eri saat Memperingati Nuzulul Qur’an 1443 Hijriah.
Wali kota yang akrab disapa Cak Eri itu mengatakan, ketika pejabat publik, pimpinan dan seluruh pegawai Pemkot Surabaya menerapkan ajaran agama dalam bekerja, secara otomatis pelayanan-pelayanan di kelurahan, kecamatan bahkan puskesmas dan lain sebagainya berjalan cepat.
Cak Eri menegaskan, ia ingin para pejabat, pimpinan dan seluruh pegawai di lingkup Pemkot Surabaya menerapkan ajaran agama masing-masing dalam bekerja. “Pasti kan di agama Kristen onok aturane dewe (ada aturannya sendiri), Islam onok dewe (ada sendiri), terus terang saya ingin menerapkan masing-masing ajaran agama untuk diterapkan ke dalam pelayanan kita,” tandasnya. [iib]

Rate this article!
Tags: