Terima Uang Kompensasi BBM, Warga Borong Sembako

Salah satu warga Kebonjaya Kota Pasuruan saat menerima konpensasi BBM di kantor Kelurahan Purworejo Kota Pasuruan, Kamis (20/11).

Salah satu warga Kebonjaya Kota Pasuruan saat menerima konpensasi BBM di kantor Kelurahan Purworejo Kota Pasuruan, Kamis (20/11).

Pasuruan, Bhirawa
Pembagian dana kompensasi kenaikan harga BBM di Kota Pasuruan akhirnya dibagikan. Pembagian perdana dalam bentuk Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) itu dilakukan sejumlah Kelurahan dan di Kantor Pos Pasuruan, Kamis (20/11).
Pantauan dilokasi pembagian konpensasi BBM di kantor Kelurahan Purworejo terlihat ratusan warga bersabar melakukan antrian sambil memegang Kartu Pengendalian Sosial. Sebagian warga penerima bantuan mengaku jika besaran itu akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Seperti untuk membeli kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako).
“Uang ini nanti langsung kami belikan untuk kebutuhan sembako, seperti telur, gula maupun beras. Jika tidak dibelikan langsung, maka uang ini tak ada hasilnya,” kata Sulastri (52), warga Jl Kebonjaya, Kelurahan Kebonagung ditemui usai mengambil uang konpensasi BBM di kantor Kelurahan Purworejo.
Menurut Sulastri, sejak suaminya meninggal dua tahun silam, ia dituntut dapat memenuhi kebutuhan rumah tangganya. “Tak hanya untuk membeli sembako, uang ini juga untuk pengembangan usaha jualan soto miliknya yang berada di pasar Kebonagung Kota Pasuruan,” ujar Sulastri.
Kepala Kantor Pos Pasuruan, Ahmad Junaedi menyatakan dana PSKS saat ini diberikan kepada 4.488 rumah tangga sasaran (RTS) yang tersebar di 20 wilayah Kelurahan, untuk pembagiannya di delapan kantor Kelurahan serta kantor pos yang berada di alun-alun Kota Pasuruan. Kesembilan tempat pembagian untuk 4.488 RTS dengan total dana yang dikeluarkan dari program yang digulirkan oleh kementrian sosial ini, sebesar Rp1.795.200.000. “Saat ini jadwalnya untuk wilayah Kota Pasuruan secara bertahap selama dua hari,” tandas Ahmad Junaedi.
Pembagian selanjutnya akan diberikan pada 21 September, kepada 4.366 RTS warga Kota Pasuruan yang tersebar di empat belas wilayah Kelurahan, dengan alokasi dana sebesar Rp 1.746.400.000. Untuk tempat pembagiannya dari jadwal yang disusun pihak kantor pos berada di delapan kantor Kelurahan.
“Jadi total tambahan keseluruhan penerima program konpensasi BBM di Kota Pasuruan berjumlah 9.437 RTS dengan total alokasi anggaran untuk bulan November-Desember sebesar Rp3.774.800.000,” kata Ahmad Junaedi. [hil]

Tags: