Tersangka Korupsi BWR Terancam 20 Tahun Penjara

PT Batu Wisata Resources (BWR)Kota Batu, Bhirawa
Pemberantasan kasus dugaan korupsi uang APBD di PT Batu Wisata Resources (BWR) kini memasuki proses penuntutan di Kejaksaan Negeri (kejari) Batu. Dalam proses ini, tersangka Dwi Martono Arlianto alias Anton dijerat dengan dua pasal pada UU nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (tipikor). Akibatnya, anton terancam dengan hukuman penjara paling lama 20 tahun.
“Setelah menjalani proses penyidikan, kini kasus dugaan korupsi yang dilakukan Anton dilimpahkan ke jaksa penuntut umum untuk memasuki proses penuntutan. Dan setelah proses ini, kasus ini sudah bisa dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor untuk disidangkan,” ujar Kasie Pidana Khusus (Pidsus) Kejari, Jendra Firdaus, Senin (29/12).
Dari hasil penyidikan dan pengumpulan barang bukti, maka tersangka Anton dijerat dengan pasal 2 ayat 1 dan pasal 3 UU nomor 31 tahun 1999. Dalam pasal 2 ayat 1 tersebut, tersangka dituduh melawan hukum dengan melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau korporasi, yang dapat merugikan keuangan Negara. Akibatnya, tersangka bisa diancam dengan pidana penjara selama 4- 20 tahun atau denda paling banyak 1 miliar Rupiah.
Saat ini, kata Jendra, tim jaksa penuntut umum tengah menyusun surat dakwaan untuk Anton. Ditargetkan, pada minggu pertama bulan Januari 2015, penyusunan surat dakwaan tersebut sudah bisa kelar. “Dan diperkirakan pada tanggal 8 Januari 2015, kasus dugaan korupsi di BWR dengan tersangka Anton sudah bisa dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor untuk segera disidangkan,” tambah Jendra. [nas]

Tags: