Terus Melakukan Evaluasi Belajar Agar Meraih Juara

Hesti Inggrit Noviani sedang menunjukkan penghargaan atas perjuangannya. [achmad suprayogi]

Sidoarjo, Bhirawa
Setelah meraih juara II dalam LKS (Lomba Kompetensi Siswa) SMK di tingkat Wilayah Kerja (Wilker). Hesti Inggrit Noviani, siswi SMKN 1 Buduran Sidoarjo terus melakukan evaluasi cara belajarnya. Kekurangannya dimana dan apa solusi yang harus dilakukan, akhirnya bisa berhasil menjadi juara I dalam LKS SMK ke XXIX Jawa Timur 2021.
Menurut siswi kelas XII Jurusan Tata Kecantikan Kulit Rambut yang menjadi pertama LKS SMK Jatim 2021 dalam Bidang Beauty Therapy. Setelah mendapatkan juara II di Wilker dirinya terus melakukan evaluasi cara belajarnya agar bisa menjadi juara I. Kondisi ini dilakukan berulang – ulang dan akhirnya bisa juara pertama.
Hesti menjelaskan, untuk bidang lomba beauty therapy ini terdapat 4 modul yang di lombakan. Yang pertama Advance Facial, yaitu perawatan wajah dengan alat listrik, berikutnya Body and Massage Treatment, yaitu perawatan badan meliputi (pembersihan sel kulit mati, masker badan dan body massage). Tidak kalah pentingnya juga tentang Fantasy Make up, yaitu make up fantasy yang menggunakan tema mawar dengan bentuk bunga mawar di atas make up. Terakhir nail art, yakni menghias dan menggambar di atas kuku dengan satu tema yang sama (Romantic Rose)
Hesti berprinsip, yang paling penting untuk membentuk jiwa kompetisi itu sendiri. Sebelum kita mengalahkan orang lain, harus bisa mengalahkan diri sendiri. ”Apa yang kita takutkan, ya itu yang harus kita kalahkan. Jadi ketika kita sudah masuk zona pertandingan, kita harus bisa manage diri kita sendiri,” jelas putri kelahiran Sidoarjo, 7 Nopember 2002 ini.
Sementara itu, Kepala SMKN 1 Buduran Sidoarjo, Dra Agustina MPd mengaku sangat senang, karena perilaku siswa yang sudah dimasukan industri sangat jauh perubahan mentalnya. ”Salah satunya adalah Hesti siswi kelas XII yang menjadi juara I ini. Sungguh perilaku perubahan mental ini sangat perlu dan penting bagi masa depan siswa. Semoga dengan adanya siswa kami yang juara ini, saya berharap bisa menularkan ilmunya kepada adik – adik kelasnya,” harap Agustina. [ach]

Tags: