Test CPNS Sumenep Ditunda

7-foto A sul-cpns IMG-20141103-03924Sumenep, Bhirawa
Di hari pertama pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang menggunakan sistem computer assisted tes (CAT), di Kabupaten Sumenep sempat terganggu dengan troblenya jaringan internet di sejumlah lokasi tes. Di antaranya di ruang A Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sumenep dan beberapa komputer di ruang C dan D Akademi Komunitas Negeri (AKN). Akibatnya, pelaksanaan tes CPNS di ruangan tersebut tertunda hingga satu sesi, yang seharusnya sesi pertama dimulai pukul 07.45 Wib dan berahir pada pukul 09.45 Wib, harus tertunda hingga satu jam lebih.
Kepala Badan Kepegawain Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sumenep, Titik Suryati mengakui adanya troble jaringan internet tersebut. Setelah mendapat laporan terkait adanya gangguan jaringan internet di beberapa lokasi, pihaknya bersama tim lembaga penjaminan mutu pendidikan (LPMP), langsung mendatangi lokasi tersebut.
“Sebagian bisa diatasi secara cepat. Hanya saja untuk yang terjadi di SMKN 1 di ruang A ini memang sempat mundur 1 sesi dari jadwal yang ditetapkan. Tapi tetap bisa dilaksanakan. Peserta hanya diberi tambahan waktu sesuai jam mulainya,” kata Titik Suryati.
Menurutnya, sedangkan untuk dua ruangan di AKN, dilakukan penundaan pelaksanaan tes CPNS, dengan membuka sessi tambahan (keempat), setelah sessi ketiga berakhir. Untuk peserta yang akan mengikuti sesi keempat tersebut sebanyak 20 peserta. Tes akan dimulai pukul 15.00 Wib dan berahir sesuai waktu yang telah ditentukan.
“Untuk gangguan jaringan internet yang di AKN itu tidak terjadi disemua komputer. Dalam satu ruangan ada yang 6 dan ada yang 4 komputer. Jadi nanti kami satukan dengan membuka pelaksanaan tes sessi keempat. Hal ini sudah melalui persetujuan Panselnas,” paparnya.
Dia menegaskan, karena sessi ke empat itu merupakan tambahan, maka pihaknya menggunakan komputer dengan sistem rental. Sedangkan tempatnya tetap, hanya beberapa komputernya saja yang terpaksa rental. “Karena sessi keempat itu merupakan tambahan, jadi kami harus menggunakan komputer rental, tapi yang jelas tidak mengurangi esensi pelaksanaan tes CPNS ini,” urainya.
Peserta tes CPNS Kabupaten Sumenep tahun ini sebanyak 4.162 orang, sementara dari semua formasi, Sumenep mendapatkan 43 pengambilan CPNS. Untuk pelaksanaan tes dilakukan yang dijadwalkan berjalan 5 hari dari sekarang (kemarin, red) hingga tanggal 7 November terpusat di 10 lokasi. “Setiap hari ada 840 peserta untuk 3 sessi. Setiap sessi sebanyak 280 peserta,” imbuhnya. [sul]

Keterangan Foto : Petugas tes CPNS di SMKN 1 Sumenep saat memberikan penjelasan kepada puluhan peserta tes terkait troblenya jaringan internet. [sul/bhirawa]

Rate this article!
Test CPNS Sumenep Ditunda,5 / 5 ( 1votes )
Tags: