Tetap Berprestasi di Masa Pandemi, Motivasi Guru dan Kasek

Salah satu guru prestasi sekaligus Kepala SMKN 2 Buduran, Mariya Ernawati dalam memberikan kiat dan motivasi dihadapan para kepala SMK di Jatim.

Surabaya, Bhirawa
Upaya peningakatan profesionalisme guru dan kepala sekolah terus dilakukan Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim. Kali ini menghadirkan Kepala SMK dan SMA yang berprestasi untuk menjadi pembicara dalam kegiatan Cerdas Berkarakter. Diharapkan melalui tukar pengalaman dan inovasi ini mampu memacu para guru dan tenaga kependidikan untuk terus berprestasi ditengah pandemi.
Salah satu narasumber yang juga meraih penghargaan Satya Lencana Prestasi di tahun 2015, Mariya Ernawati mengungkapkan, dalam forum ini ia berbagi pengalaman selama mengikuti berbagai kompetisi. Terakhir pengalamannya dalam menjuarai Kepala Sekolah Dedikatif, Inovatif dan Inspiratif Pendidikan Menegah dan Pendidikan Khusus Kemdikbud jenjang SMK, juga tak lepas dari bahasannya untuk memacu rekan – rekan sejawatnya dalam meraih berbagai prestasi.
“Pembekalan dan motiva ini diharapkan dapat memacu para guru dan tenaga pendidik untuk meningkatkan profesionalisme mereka,” ujar perempuan yang juga Kepala SMKN 2 Buduran, Selasa (22/12).
Tak hanya itu, Mariya juga menyebut selama pandemi pihaknya juga terus melakukan berbagai inovasi. Bagaimana aksi nyata dan perannya dalam menghidupkan pembelajaran di sekolahnya. Mulai menggalang aksi sosial selama pandemi, inovasi kegiatan pembelajaran, kumpulan buku antologi yang berkolaborasi dengan siswa, wali murid, IDUKA, kepala sekolah dan guru.
“Di sekolah kami tiada hari tanpa prestasi. Meskipun pandemi harus tetap berprestasi dan inovasi. Saya juga mendorong warga sekolah untuk aktif dalam berbagai event dan kompetisi,” katanya.
Mariya berharap, melalui forum sharing pengalaman ini ditahun 2021 semakin banyak prestasi yang ditekurkan para pendidik dan kepala sekolah.
Hal yang sama juga diungkapkan Kepala SMAN 1 Karas Magetan, Bahtiar Kholili, yang juga menjuarai kepala sekolah Dedikatif, Inovatif dan Inspiratif Pendidikan Menegah dan Pendidikan Khusus Kemdikbud jenjang SMA. Dalam kesempatan itu, ia berbagai kiat bagaimana mengembangkan manajerial sekolah, bidang kewirausahaan dan pengelolaan terkait masalah kesiswaan. Hal itu menurut dia sangat berdampak pada fungsi guru dalam monitoring dan supervising.
“Kami lakukan upaya – upaya peningkatan kualitas pendidikan di sekolah lewat berbagai program. Setiap bidang harus punya inovasi. Dan ini yang saya tularkan kepada para kepala sekolah lainnya. Semoga memberikan manfaat bagi mereka,” katanya. [ina]

Tags: