Tiang Listrik dan Pohon Tumbang

Hujan deras disertai angin kencang di Kota Surabaya, membuat beberapa pohon tumbang, seperti di kawasan A Yani, Minggu (5/1) sore. Kejadian membuat Jalan A Yani menuju ke Sidoarjo macet.Tampak sejumlah petugas dari Badan Penanggulangan Bencana (BPB) Linmas Kota Surabaya dibantu dari anggota Kepolisian saat membersihkan ranting-ranting di jalanan. [trie diana]

Hujan dan Angin Kencang Landa Surabaya
Surabaya, Bhirawa
Hujang disertai angin kencang yang melanda di beberapa wilayah Surabaya sore hari membuat sejumlah pohon tumbang dan tiang listrik roboh.
Tumbangnya beberapa pohon terjadi di beberapa titik seperti Jalan Ahmad Yani, Jalan Gunung Sari, Wilayah Kebraon, Rungkut. Bahkan Beberapa pohon menimpa kendaraan warga.
Akibatnya beberapa ruas jalan mengalami kemacetan yang cukup parah. Bahkan dari informasi yang didapat di Twitter resmi Humas Pemkot Surabaya, @BanggaSurabaya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini juga turun langsung ke lokasi tumbangnya pohon untuk meninjau proses evakuasi. Risma juga turut mengatur lalu lintas di sekitar titik pohon tumbang yang tersendat.
Di kawasan Kebraon dan Jalan Rungkut Asri pohon tumbang menimpa kabel listrik. Bahkan di Rungkut Asri, pohon tumbang menimpa mobil.
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melalui Kadis Kominfo Kota Surabaya M Fikser memberikan imbauan kepada warga untuk berhati-hati jika cuaca hujan disertai angin kencang.
“Jadi yang pertama, kalau hujan tiba, jangan berteduh di bawah pohon. Lalu, jangan berteduh di bawah reklame-reklame besar. Terakhir, ketika mendung gelap dan berpotensi hujan tiba ada baiknya pakai jas hujan saja dari rumah. Kan toh tidak apa-apa. Pakai jas hujan dari rumah ini bisa membantu menimalisir macet ketika hujan tiba,” ujar Fikser, Minggu (5/1).
Pemkot Surabaya pun memastikan terus melakukan upaya pencegahan pohon tumbang saat musim hujan. “Salah satunya dengan melakukan perampingan,” tegas Fikser.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Kota Surabaya Eddy Christyanto mengatakan pihaknya sudah mengevakuasi pohon yang bertumbangan. “Saat ini anggota sedang evakuasi di beberapa titik,” kata Eddy.
Sementara itu, Senior Manager General Affairs, PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, A. Rasyid Naja, mengatakan hujan deras dan angin kencang yang menerpa Surabaya mengakibatkan banyaknya pohon tumbang dan material yang beterbangan mengganggu jaringan listrik PLN.
“Akibat kejadian tersebut, sebanyak 29 penyulang yang tersebar di wilayah Surabaya Selatan, Surabaya Barat, Surabaya Utara, dan Sidoarjo mengalami gangguan. Beberapa tiang listrik patah, bengkok , miring dan roboh menyebabkan aliran listrik ke pelanggan di daerah tersebut terputus dan padam,” kata Rasyid.
Ia memaparkan, wilayah terdampak padam antara lain, Rungkut, Waru, Jemur Sari, Gayungan, Tegalsari, Taman, Krian, Gedangan, Keboharan, dan sekitarnya.
“Kami sampaikan permohonan maaf dari PLN kepada pelanggan yang mengalami padam listrik,” katanya.
Saat ini, pihak PLN kata dia telah, evakuasi pohon-pohon dan material yang menimpa jaringan. Selanjutnya akan dilakukan penanganan tiang-tiang listrik yang patah, bengkok serta penggantian material yang rusak. Pihaknya juga akan menormalkan kembali jaringan listrik yang terganggu setelah kondisi dinyatakan aman.
“Saat ini petugas PLN di lapangan tengah berupaya keras untuk segera menormalkan pasokan listrik untuk wilayah terdampak,” katanya. [bad]

Rate this article!
Tags: