Tiap Minggu Pelanggar Prokes di Sidoarjo Semakin Menurun

Jumlah pelanggar Prokes di Sidoarjo, tiap Minggu terus menurun. Banyak kursi yang kosong saat Sidang Tipiring, kemarin. [alikus/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Tiap Minggu pelanggar protokol kesehatan di Kab Sidoarjo mulai terus menurun. Semoga upaya untuk mencegah penularan virus Covid-19 di wilayah ini terus membawa tren positip.

Pada saat Sidang Tipiring yang digelar Satpol PP dan Polresta Sidoarjo pada Kamis (29/7) kemarin, di lapangan tenis indoor GOR Sidoarjo, jumlah total pelanggar tercatat sebanyak 379 orang.

Sementara pada saat Sidang Tipiring Kamis sebelumnya yakni 22 Juli, jumlah total pelanggar ada 398 orang. Dan pada Kamis dua Minggu sebelumnya, yakni 16 juli, ada sebanyak 1.084 orang.

Menurut catatan petugas, dari total pelanggar, yang hadir dan membayar denda pada Sidang yang dilakukan oleh Hakim dari PN Sidoarjo, kemarin, ada sebanyak 137 orang pelanggar. Terkumpul hasil denda sebesar Rp.20.550.000.

” Sementara 3 orang pelanggar hadir, namun tidak membayar. Niliainya Rp800 ribu,” jelas Kabid Penegakan Perda Satpol PP Kab Sidoarjo, M. Sulton Hasan SH.

Namun dalam Sidang Tipiring, kemarin, ada sebanyak 239 orang pelanggar tidak hadir dan harus melakukan Sidang versteek. Dengan membayar denda lewat Kejari Sidoarjo.

“Alhamdulilah. Semoga masyarakat Sidoarjo terus semakin sadar akan arti pentingnya untuk memakai masker dalam mencegah penularan virus Covid-19,” kata Sulton, kembali.

Dirinya juga mengingatkan agar masyarakat harus tetap mematuhi peraturan jam malam dan menghindari adanya kerumunan massa. Karena semuanya sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, yang saat ini kondisinya sedang mengalami lonjakan.

Dalam Sidang yang dipimpin oleh Hakim RA. Didi Ismiatun SH itu, pelanggar perorangan dikenai sanksi sebesar Rp.150 ribu dan bagi pelaku usaha Rp 250 ribu.

Karena jumlah pelanggar tidak banyak, sehingga jalannya Sidang Tipiring, kemarin, termasuk cepat dan lancar. Dimulai pada pukul 08.00, pada pukul 09.45 WIB sudah selesai.

Menurut catatan petugas, para pelanggar Prokes ini selain dari Sidoarjo, juga dari sejumlah luar daerah. Diantaranya, Surabaya, Gresik, Mojokerto, Jombang, Bangkalan, Ponorogo, Bojonegoro, Kediri dan Kaltim. (kus)

Tags: