Tidak Malu Belajar

Ridho Prasetyo

Ridho Prasetyo
Meski jabatannya sudah eselon II atau sekelas kepala dinas, namun Ridho Prasetyo SSTP MAP, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo ini, mengaku tidak malu untuk terus belajar. Karena selain akan bermanfaat bagi diri sendiri, juga untuk bisa meningkatkan mutu pelayanan.
“Mohon saya diingatkan dan diberikan masukan. Karena tanggung jawab ini baru bagi saya,” kata mantan Kepala BKD Sidoarjo ini saat melakukan acara pisah sambut Kepala Disperpusip Kabupaten Sidoarjo, Selasa (26/10), di Kantor Disperpusip Sidoarjo jalan Jaksa Agung Suprapto nomor 5 Sidoarjo.
Sebagai pimpinan baru, Ridho sangat berharap pelayanan bidang perpustakaan dan bidang kearsipan di Disperpusip Sidoarjo, kedepannya akan banyak lahir inovasi, sehingga bisa semakin memberikan kemudahan dan kenyamanan pada masyarakat Sidoarjo.
Pada masa ia menjabat ini, menurut Ridho, apalagi juga ada tantangan tersendiri. Yakni, telah ditetapkan adanya Perda No. 16 tahun 2019, tentang penyelenggaraan kegiatan Perpustakaan di Kab Sidoarjo. Maka lembaga seperti desa/kelurahan dan sekolah yang ada di Kab Sidoarjo, tentu saja nantinya diwajibkan untuk mendirikan layanan perpustakaan di tempatnya masing-masing.
Ia memberikan data, saat ini masih belum semua desa/kelurahan serta sekolahan di Kab Sidoarjo, memiliki perpustakaan. Saat ini, untuk desa/kelurahan, sementara masih ada 154 perpustakaan. Sementara, perpustakaan SD/MI masih ada 536. Dan perpustakaan SMP/MTs ada 219.
“Layanan Perpustakaan itu, saat ini telah menjadi urusan wajib di Pemerintahan. Karena tujuannya sangat strategis, yakni untuk meningkatkan indek pembangunan manusia,” kata Ridho.
Agar perda ini bisa diketahui oleh publik secara luas, kata Ridho, maka mulai akhir bulan Oktober 2021 ini hingga awal Bulan Desember mendatang, akan terus disosialisasikan kepada para camat, kepala desa dan kepala sekolah. [kus]

Rate this article!
Tidak Malu Belajar,5 / 5 ( 1votes )
Tags: