Tidak Memakai Masker Dilarang Masuk Perpustakaan

Drs Medi Yulianto MSi

Sidoarjo, Bhirawa
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo, telah membuka kembali layanan kunjungan dan peminjaman buku secara manual di masa pandemi Covid-19, sejak Senin (22/6) kemarin.
Begitu dibuka, pengunjung sangat antusias. Namun karena masih mengikuti protap kesehatan Covid-19, pengunjung yang datang harus dibatasi jumlahnya.
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab Sidoarjo, Drs Medi Yulianto MSi, menyebutkan pada hari pertama ada sebanyak 22 pengujung dan hari kedua ada 29 pengunjung.
“Memang layanan ini masih belum normal kembali seperti dulu. Karena kita harus melakukan Protap kesehatan,” ujar Medi, Rabu (24/6) kemarin.
Misalnya, pengunjung tidak bisa lama-lama baca buku ditempat. Namun tiap orang hanya diberi waktu sekitar 45 menit saja. Atau tidak boleh membaca di tempat. Hanya boleh meminjam buku dan dibawa pulang.
Dalam sehari, pengunjung juga dibatasi hanya sampai 25 orang saja di dalam. Kebijakan Itu dimaksudkan, untuk bisa menjaga supaya tidak sampai terjadi kerumunan massa di tempat itu. Sehingga bisa mencegah terjadinya penularan Covid-19.
“Yang masuk bergilir. Maksimal 25 pengunjung di dalam. Kalau sudah ada yang keluar dua, berarti boleh nambah 2 pengunjung lagi, begitu seterusnya,” papar Medi.
Protap kesehatan yang wajib dilakukan bagi setiap mereka yang berkunjung, kata Medi, diantaranya adalah memakai masker, dicek suhu badannya, mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitaizer.
“Bagi yang tidak memakai masker tidak boleh masuk. Juga bila suhu badannya lebih dari 37.3 derajat celcius,” katanya. Pihaknya tidak menyediakan masker untuk pengunjung yang lupa atau tidak membawa masker. Karena pihaknya tidak ada anggaran di DPA nya.
Yang tidak sesuai dengan Protap kesehatan, tegas Medi, tidak diperkenankan masuk. Karena dirinya berpedoman pada SE Deputi Bidang Pengembangan Perpusnas Nomor. 3497/3/KPG.10.00/VI.2020, tanggal 8 Juni 2020, tentang layanan Perpusnas dalam tatanan normal baru.
Anak-anak usia 0 sampai 12 tahun, kata Medi, juga tidak diperkenankan masuk. Sehingga sampai saat ini, jenis pengunjung di Perpustakaan Sidoarjo itu adalah banyak dari umum dan mahasiswa.
Layanan manual disana tersebut, kata Medi, akan buka tiap hari Senin sampai Jum at. Mulai pukul 08.00 sampai 13.00. [kus]

Tags: