Tiga Murid SD Kota Mojokerto Juarai Teater Robotik di Malaysia

5-C-1Kota Mojokerto, Bhirawa
Keberhasilan tiga murid SD Swasta di Kota Mojokerto ini menjawab keringnya prestasi pelajar Sekolah Dasar Negeri di Kota dengan dua kecamatan ini. Padahal tak sedikit kucuran APBD Kota Mojokerto untuk sekolah negeri di berbagai tingkatan.
Tiga murid SD Muhamadiyah Plus Kota Mojokerto ini suskses menyabet juara pertama ajang teater robotic yang digelar di Johor Baru, Malaysia. Tim sekolah yang ada di Jl Brawijaya, Kec Prajurit Kulon ini menyisihkan 250 tim yang berasal dari sejumlah negara di ASEAN.
”Peserta terbanyak dari Malaysia selaku tuan rumah,” terang Juli indrawati, Kepala SD Muhamdiyah Plus, Senin (5/1) kemarin. Wanita berjilbab ini menjelaskan proses meraih prestasi itu sambil memimpin peragaan teater robotic bersama tiga muridnya. ”Apa yang mereka peragakan ini sama persisi ketika mereka mengikuti lomba di Malaysia lalu,” tambah Juli.
Menurut Juli, Tiga murid kelas II itu yakni Emirza Islami Al husein yang berperan sebagai Nobita, Nikmatun Naschikah memerankan tokoh Joiko, serta Kirana Anissa Sholikha sebagai Sisuka. Sedangkan untuk tokoh doraemon diperankan robot.
Peragaan teater robotik dengan durasi 3.59 detik itu memang sangat singkat. Tapi jika disimak dengan cermat, pesan cinta lingkungan dan persahabatan kuat tergambar dari peran tiga murid itu. ”Kita menang karena penghayatan peran ketiga murid ini,” urai Juli diakhir peragaan.
Usai menyabet juara di Malaysia, ketiga murid itu bakal berlaga lagi pada Singapore Robotic Game 2015, 27 Januari mendatang. ”Tapi para orang tua murid masih trauma pasca musibah Airasia. Jadi sekarang kita masih melakukan lobi-lobi,” tambahnya.
Kontingen SD Muhamdiyah Plus Kota Mojokerto meraih juara diajang yang digelar IISRO (International Islamic School Robot Olympic) pada 24 – 26 Desember 2014. Untuk biaya pemberangkatan kontingan yang terdiri dari delapan orang menelan total biaya Rp79 juta. ”Kita mendapatkan bantuan dari anggota DPRD, wali kota, wali murid dan Diknas P dan K Kota Mojokerto,” terang Juli.
Dalam ajang ini, ada sembilan kategori lomba robot yang dipertandingkan, diantaranya Airial robot, sumo robot, robot tetaer, soccer robot, transforter robot, missing chaleng, lineruiser, low cost robot. [kar]

Keterangan Foto : Tiga murid SD Muhamadiyah Plus Kota Mojokerto memperagakan teatrikal robotic, Senin (5/1) kemarin. [kariyadi/bhirawa]

Tags: