Tiga Puluh Rumah di Kabupaten Sampang Bakal Terima Bantuan RTLH

Bupati Sampang saat melakukan blusukan ke rumah warga penerima bantuan renovasi RTLH.

Sampang, Bhirawa
Pasca Bupati Sampang H Slamet Junaidi blusukan untuk memastikan penerima bantuan tepat sasaran, kini program bantuan Renovasi Rumah Tak Layak Huni (RTLH) 2022 di Kota Bahari mulai terealisasi. Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk kurang mampu tersebut dimulai sejak (15/9) kemarim dan ditargetkan rampung pada awal Desember 2022 nanti.

Kepala Bidang (Kabid) Perumahan dan Permukiman Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Sampang, Abdul Rokib mengatakan bahwa ada sebanyak 39 orang yang tercatat sebagai penerima bantuan RTLH.

Kegiatan itu bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU), di mana masing penerima mendapatkan Rp. 30 juta. Namun, bantuan yang diberikan kepada penerima berupa fisik sehingga dari dana bantuan dibelanjakan untuk keperluan renovasi rumah, seperti pembelian bahan dan ongkos tukang. “Untuk pembelian bahan senilai Rp24.650.000, sedangkan sisanya Rp5.250.000 untuk ongkos tukang,” ujarnya.

Di samping itu, dalam pembelanjaan bahan bangunan dilakukan ke toko bangunan terdekat dengan desa atau tempat tinggal penerima guna mempermudah dan lebih cepat pembelanjaannya. Ia menambahkan, dari puluhan penerima tersebar di lima desa dari tiga kecamatan, diantaranya 7 penerima di Desa Banjar Billah Kecamatan Tambelangan dan 8 penerima di Desa Karang Penang Kecamatan Karang Penang.[lis.ca]

Tags: