Tiket KA Terjual Habis Hingga Akhir Tahun

Foto: ilustrasi

Foto: ilustrasi

Jember, Bhirawa
Tiket kereta api kelas ekonomi jarak jauh di wilayah Daerah Operasi IX Kabupaten Jember, Jawa Timur, terjual habis hingga akhir 2014.
“Tiket kereta api (KA) Logawa jurusan Jember-Purwokerto dan KA Sritanjung jurusan Banyuwangi-Lempuyangan Yogyakarta terjual habis untuk keberangkatan 20-31 Desember 2014,” kata Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) IX Jember, Sugeng Turnianto, Selasa.
Menurut dia, tiket kereta selama libur Natal dan Tahun Baru tersebut sudah dipesan penumpang sejak November 2014, sehingga awal pekan ini tiket kereta jarak jauh dengan tujuan Purwokerto dan Lempuyangan Yogyakarta ludes terjual.
“Habisnya tiket kereta untuk keberangkatan 20-31 Desember bertepatan dengan libur sekolah, sehingga banyak warga yang memanfaatkan momentum tersebut untuk berkunjung ke sanak saudaranya,” tuturnya.
Selain itu, kata dia, libur tersebut juga bertepatan dengan libur mahasiswa setelah ujian, sehingga banyak mahasiswa pendatang yang pulang ke kampung halamannya dengan menggunakan jasa angkutan kereta api.
Ia menjelaskan tiket kereta yang terjual habis adalah tujuan Purwokerto dan Lempuyangan Yogyakarta, namun untuk tiket KA Logawa dan KA Sritanjung dengan tujuan Surabaya masih tersedia.
“Hingga hari ini tiket kereta kelas ekonomi tujuan Surabaya masih tersedia sekitar 40 persen, namun diprediksi tiket tersebut akan habis dalam beberapa hari ke depan,” paparnya.
Untuk KA komersial bisnis dan eksekutif seperti KA Mutiara Timur Siang dan Malam jurusan Banyuwangi-Surabaya masih tersedia sekitar 60 persen hingga akhir tahun 2014. “Tiket KA Tawangalun jurusan Banyuwangi-Malang dan Probowangi jurusan Banyuwangi-Surabaya juga masih tersedia sekitar 80 persen selama libur Natal dan Tahun Baru,” katanya.
Sementara salah seorang penumpang KA Sritanjung, Eko Hadi, mengaku sudah memesan tiket jauh-jauh hari untuk keberangkatan 21 Desember 2014. “Liburan sekolah sudah terjadwal, sehingga saya dan keluarga memesan tiket kereta pada pertengahan November lalu, untuk berkunjung ke rumah saudara di Yogyakarta selama liburan dan alhamdulillah sudah dapat tiketnya,” ucap seorang guru di Jember itu. [Efi,ant]

Tags: