Tim Gabungan Intens Beri Edukasi Pilkada Kabupaten Situbondo Damai

Tim gabungan dari Pemkab, TNI Polri Marinir saat memberikan himbauan dan edukasi tentang pelaksanaan pilkada damai dengan disiplin memakai masker Selasa (6/10). [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Pelaksanaan pilkada digelar 9 Desember 2020 mendatang. Namun sejumlah elemen penting di Kota Santri Situbondo yang tergabung dalam tim gabungan (timgab) intens melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pelaksanaan pilkada Situbondo yang aman dan damai Selasa (6/10).

Titik pelaksanaan berada di sejumlah jalan protokol Kota Santri Situbondo serta di alun alun Kota Situbondo. Paur Humas Kasubbag Humas Polres Situbondo IPTU Nanang Priambodo mengatakan, sejumlah personil TNI Polri Marinir serta Satpol PP dan OPD terkait terus berupaya mengimbau masyarakat tentang kesadaran protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19 terutama tentang kewajiban memakai masker. “Himbauan ini sangat penting karena sebentar lagi akan ada pencoblosan pilkada. Apalagi saat ini juga memasuki tahapan kampanye paslon pilkada,” jelas mantan Kanit Tipikor Polres Situbondo itu.

Masih kata Nanang, dalam kegiatan tersebut sedikitnya diturunkan 30 personil gabungan Polres Situbondo, diantaranya terdiri dari personil Kodim 0823 dan Marinir TNI AL serta Satpol PP ikut melaksanakan patroli keliling menyisir tempat keramaian masyarakat serta pusat pertokoan dan cafĂ© di Situbondo. “Tempat cafe ini biasanya selalu dijadikan tempat nongkrong kalangan remaja Situbondo. Maka dari itu kami tidak pernah bosan mengingatkan kepada mereka untuk selalu displin memakai masker saat diluar rumah,” kupas Nanang.

Nanang yang kini menjabat Padal Patroli timgab menerangkan, pelaksanaan edukasi dan patroli bertujuan mengimbau masyarakat untuk memakai masker sekaligus mengajak masyarakat mensuskeskan pelaksanaan pilkada Situbondo yang aman, damai dan sejuk serta mewaspadai informasi hoax, ujaran kebencian dan provokasi. “Selain patroli kami juga selalu memberikan himbauan protokol kesehatan dan mengajak masyarakat untuk mendukung pelaksanaan pilkada Situbondo yang aman, damai dan sejuk ” terangnya.

Selain patroli ditempat keramaian masyarakat, lanjut Nanang, sejumlah personil TNI Polri serta Satpol PP dan Marinir juga memantau situasi kamtibmas di Kantor KPU Situbondo yang ada di Jalan Cendrawasih dan Kantor Bawaslu Situbondo yang ada di Jalan Madura. “Dua lembaga ini ditetapkan sebagai penyelenggara pelaksanaan pilkada di Kabupaten Situbondo,” pungkas Nanang kemarin. [awi]

Tags: