Tim Gabungan Sisir Angkutan Umum dan Barang

9-foto operasi gabungan Dishub dengan Zebra Semeru tahun 2014. geh (1)Surabaya, Bhirawa.
Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, bersama pihak kepolisian dan Gartab III melakukan operasi pada kendaraan bermotor khususnya angkutan umum dan barang yang melintas di Jalan Indrapura, Senin (8/12). Operasi kali ini digabungkan dengan Operasi  Zebra Semeru 2014 dari kepolisian.
Operasi gabungan ini digelar sejak pukul 10.00 sampai 12.00 WIB. Setiap angkutan umum dan barang tak luput dari penghentian untuk dilakukan uji emisi ditempat serta trayek dan uji kir. Selain itu, pihak kepolisian juga melakukan hal serupa yaitu mengecek kelengkapan surat-surat serta pengendara motor juga dilakukan penilangan ditempat.
Kepala seksi penertiban Dishub Kota Surabaya, Trio Wahyubowo mengatakan, sasaran kali ini adalah angkutan umum serta barang mulai dari surat-surat izin trayek sampai uji emisi. Kalau uji emisi gas buang melebihi ambang batas akan dilakukan penilangan.
” Ukurannya kalau uji emisi di atas 70 persen berjenis diesel akan ditilang dan diurus di pengadilan,” terang Trio pada Bhirawa di lokasi operasi gabungan, Senin (8/12) di Jalan Indrapura.
Ditanya pemilihan tempat dilakukan operasi, Trio menjelaskan karena di Jalan Indrapura banyak angkutan umum dan barang yang melintas. Dengan tujuan di Perak serta Jembatan Merah Plaza (JMP). ” Kami melakukan pemilihan tempat berubah-ubah supaya tidak ketahuan,” imbuhnya.
Tercatat, pihak Dishub serta kepolisian berhasil menilang sedikitnya 12 dari Dishub Kota Surabaya, Polsek Bubutan menilang lima kendaraan bermotor yang tidak lengkap surat-suratnya. Serta Timsus Polrestabes Surabaya tilang empat kendaraan yang melanggar. ” Kami menghimbau bagi pemilik kendaraan bermotor untuk tertib administrasi, dan sesegera mungkin untuk diujikan,” tambahnya.
Selain itu, Kanitlantas Polsek Bubutan GK Antara juga mengatakan, dilakukan tilang ditempat bagi pengguna kendaraan bermotor yang tidak mengenakan helm. Dijelaskannya, rata-rata kecelakan yang terjadi dijalan disebabkan oleh ulah pengemudi yang kurang mentaati rambu-rambu lalu lintas, disamping juga kondisi kendaraan yang sudah tidak layak.
” Ini langkah kami dari pihak kepolisian untuk menertibkan bagi penguna jalan yang bandel. Dan ini merupakan gabungan operasi zebra semeru tahun 2014 dengan Dishub Kota Surabaya,” terangnya pada Bhirawa. (geh)

Keterangan Foto : foto-operasi-gabungan-Dishub-dengan-Zebra-Semeru-tahun-2014. [geh/bhirawa]

Tags: