Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batu Intensifkan Patroli Malam Hari

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batu tengah bersiap melakukan patroli malam hari di pusat keramaian Kota Batu

Kota Batu,Bhirawa
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu mengintensifan patroli malam hari di pusat-pusat keramaian, dan tempat tongkrongan massa di kota ini. Hal ini sebagai upaya untuk menurunkan tingkat penyebaran virus corona dalam waktu dua pekan ini. Apalagi Kota Batu dinyatakan sebagai zona merah kasus Covid-19 per 27 Juni lalu.
Kamis (2/7) malam,

Tim Gugus Tugas Covid-19 Batu memulai patroli malam hari yang dipimpin langsung Wakil Walikota Batu, Ir H Punjul Santoso MM bersama Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama. Mereka menegur langsung masyarakat maupun pengelola usaha yang masih tak mematuhi protokol kesehatan.

Punjul Santoso menilai masih ditemukan masyarakat yang abai pada protokol kesehatan. Hal itu diketahui setelah tim yang dipimpinnya mendatangi beberapa tempat pusat keramaian di Kota Batu. Di antaranya, Cafe Coklat Klasik yang berada di kompleks Perumahan Panorama, Cafe WOW Jl Panglima Sudirman, dan kemudian diteruskan ke Alun-Alun Kota Batu. “Pengunjung yang datang dari luar kota terutama dari daerah berstatus zona merah wajib menjalani rapid test,” ujar Punjul, Jumat (3/7).

Diketahui, saat sidak di Cafe Coklat Klasik ada 10 orang yang menjalani rapid tes. Sedangkan di Cafe WOW ada dua orang yang menjalani rapid tes karena tak memakai masker. Adapun untuk kawasan Alun-alun Kota Batu ada 14 orang karena tak memakai masker, dan hasilnya semua non reaktif.

Punjul mengatakan ahwa Cafe WOW sudah dua kali diperingatkan karena tak mematuhi protokol kesehatan, seperti penerapan jarak fisik serta tak memasang tanda silang di titik- titik yang tidak boleh ditempati.

“Kalau masih melanggar dengan terpaksa akan kami tutup tempat usahanya. Kan kalau melanggar pemilik usahanya sendiri yang rugi.  Lalu untuk Coklat Klasik dan alun-alun sudah lebih baik menerapkan SOP,”jelas Punjul

Ia menambahkan bahwa kegiatan sidak akan terus dilakukan secara berkesinambungan untuk mengajak masyarakat disiplin mematuhi protokol kesehatan. Serta untuk mempercepat menuju new normal. Pihaknya juga akan memberikan sanksi lebih keras kepada masyarakat yang tidak menaati protokol kesehatan.(nas)

Tags: