Tim Jokowi – Jusuf Kalla Cari Dukungan melalui Silaturahim Wali Songo

25959_largeGresik, Bhirawa
Untuk mencari dukungan, beragam cara dilakukan tim pemenangan pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo -Yusuf Kalla. Diantaranya, pasangan yang diusung koalisi PDIP, Nasdem dan PKB ini menggalang dukungan dengan lewat jalur tradisional Nahdliyin yaitu melakukan ziarah Wali Songo.
Kegiatan yang digalang Parpol pendukung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengambil tema Silaturohim Kiai Kampung dan Parade Santri Nusantara. Mulai dari Surabaya tepatnya di Makam Sunan Ampel, rombongan bergerak hingga Jakarta.
Hanya di setiap makam Wali Songo, mulai dari Makam Sunan Ampel hingga Sunan Gunung Jati Cirebon, dilakukan ritual khusus dengan berziara. Bahkan, disempatkan mengumpulkan para kiai kampung. Dengan target sosialisasi tentang pasangan Jokowi-Jusuf Kalla.
”Ada banyak cara penggalangan massa. Kebetulan kami dari PKB melakukan penggalangan dengan menyusuri jejak Wali Songo,” ujar Jazilul Fawaid, Wakil Sekretaris DPP PKB kepada wartawan.
Menurut Jazilul Fawaid, kegiatan silaturohim Kiai Kampung dan Parade Santri Nusantara merupakan upaya Tim Sukses Jokowi-JK untuk mengkonter kampanye hitam yang dilakukan lawan. Yang kampanye hitam dengan lewat Tabloid Obor Rakyat menyasar kalangan pondok pesantren.
”Makanya dengan pola silaturohim dan parade santri nusantara akan mampir menepis isu-isu negatif. Kami berharap dengan mengumpilkan kiai kampung dan santri mampu mendulang suara yang signifikan,” tukasnya.
Sedangkan, Ketua DPRD Gresik Zulfan Hasyim yang ikut memeriahkan dan menyambut rombongan menjelaskan, bila kegiatan di Makam Sunan Giri dibuat berbeda. Selain membagi-bagikan atribut, makanan dan minuman juga mengarak rombongan dengan naik dokar dari Terminal Sekar Kurung hingga Makam Sunan Giri. ”Dengan pola ini maka masih terbangun pola-pola tradisional yang kerap dilakukan kaum nahdliyin,” pungkasnya. [eri]

Tags: