Tim Layanan Publik Segera Awasi Kinerja Kelurahan

5--pelatihan sekretaris kelurahan-Ali- ubt kaki-1Sidoarjo, Bhirawa
Kinerja pelayanan publik yang dilakukan petugas kelurahan yang ada di Kab Sidoarjo tahun 2015 mendatang akan dimonitoring dan dievaluasi Tim Pelayanan Publik Sidoarjo. Sebab pelayanan publik yang ada di kelurahan menjadi pelayanan public terdepan kepada masyarakatnya.
Menurut Kepala Bagian Organisasi Kab Sidoarjo, Drs Ahadi Yusuf Msi, penilaian pelayanan publik terhadap kinerja di kelurahan, akan diprogramkan tahun 2014 ini supaya bisa terlaksana pada
tahun 2015 nanti.
”Keberadaan pelayanan publik yang bagus di kelurahan sangat penting, kalau pelayanan di tingkat kelurahan bagus, Insya Allah bila dibawa untuk mengurus pelayanan ke kecamatan akan jadi lancar tidak
akan jadi masalah, maka pelayanan di kelurahan menjadi ujung tombak pelayanan di masyarakat,” ujar Yusuf, Kamis ( 21/8) kemarin, di kantornya.
Maka pelayanan publik yang ada di kelurahan, nantinya diharapkan bisa cepat, jelas, akurat, transparan serta tanpa adanya pungutan. Sehingga akan membuat masyarakat menjadi puas. ”Akan kita coba usulkan agar jadi program pada tahun 2015, dalam rangka peningkatan pelayanan publik di Sidoarjo,” kata Yusuf.
Yusuf juga menjelaskan, di Kab Sidoarjo terdapat sebanyak 31 kelurahan yang ada pada empat kecamatan, yaitu di Kec Sidoarjo, Taman, Krian dan Porong. Karena jumlah kelurahan yang cukup banyak, dalam memonitoring dan mengevaluasi pelayanan publiknya, kemungkinan akan dilakukan secara bertahab.
Yusuf juga menjelaskan, untuk meningkatkan pelayanan publik di Sidoarjo, pihaknya tiap tahun sudah melakukan monitoring dan evaluasi pada berbagai pelayanan publik di sejumlah SKPD. Sedangkan untuk SKPD kelurahan memang masih belum dilakukan.
Untuk meningkatkan kinerja petugas yang ada di kelurahan, kata Yusuf, baru-baru ini para petugas kelurahan di Sidoarjo yaitu para Sekreratis Kelurahan, juga telah diberi bimbingan pelatihan publik dan
pembinaan Standar Operasional Prosedur (SOP). Agar apa yang mereka lakukan nanti, sesuai dengan harapan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, yang telah berpesan pada PNS bahwa saat ini paradigmanya PNS adalah abdi atau pelayanan bagi masyarakat dalam pelayanan publik.
Sementara dari hasil monitoring dan evaluasi pelayanan publik tahun 2014 ini di bidang pendidikan, juara 1 diraih oleh SMKN 1 Sidoarjo, juara 2 SMKN 2 Buduran dan juara 3 SMKN 3 Buduran. Untuk juara 1, akan diusulkan untuk mengikuti lomba penilaian percontohan pelayanan publik tingkat jawa timur di bidang pendidikan. Penilaian akan direncanakan pada 8 September 2014 oleh Tim Prov Jatim. [ali]

Keterangan Foto : Petugas pelayanan publik di kelurahan di Sidoarjo dapat bimbingan tahun 2014 ini. Kemungkinan tahun 2015 hasilnya akan dimonitoring dan dievaluasi.

Tags: