Timgab Sprayer Disinfektan Mulai Menyisir Titik Kerumunan Massa di Kota Batu

Timgab Sprayer Disinfektan saat melakukan operasi penyemprotan di alun-alun Kota Batu, Senin (30/11)

Pemkot Batu, Bhirawa
Pemerintah Kota (Pemkot) Batu melalui BPBD mulai menyisir tempat- tempat yang berpotensi menjadi titik kerumunan massa untuk dilakukan penyemprotan disinfektan. Hal ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 menyusul keberadaan Desa Tlekung yang kini menjadi kluster baru di Kota Batu.

Senin (30/11), tim gabungan dari BPBD, Tagana, Dinsos, Polres Batu dan relawan melakukan penyemprotan disinfektan di alun- alun kota. Timgab membawa sebanyak seribu liter disinfektan dengan menurunkan delapan personel BPBD. “Kita juga dibantu rekan-rekan dari Dinsos, Tagana, dan relawan, serta mendapat pengawalan dari kepolisian,” ujar Korlap Penyemprotan Disinfektan BPBD Batu, Fatah, Senin (30/11).

Ia menjelaskan bahwa alun- alun menjadi target penyemprotan awal karena di lokasi ini merupakan tempat berkumpulnya para wisatawan, baik lokal maupun dari luar kota. Usai dari alun- alun pihaknya akan melanjutkan dengan penyemprotan di titik-titik lain yang kerab menjadi tempat kerumunan massa.

Khusus operasi kemarin tim hanya membawa seribu liter cairan disinfektan. Namun selama operasi yang dilakukan serta pembagian ke desa/ kelurahan, BPBD Kota Batu telah menyiapkan sebanyak 120 ribu liter cairan disinfektan. Penyediaan disinfektan ini juga dibarengi pengadaan fasilitas protokol kesehatan (prokes) dengan anggaran Rp 1 miliar.[nas]

Tags: