Tindak Tegas Pelanggar Lalin Dengan Program Patroli Hunting Sistem

Petugas Satlantas Polres Situbondo saat menerapkan program patroli hunting sistem kepada pelanggar lalin Selasa (15/6). [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Situbondo mulai menerapkan program baru bernama Patroli Hunting Sistem. Dalam program unggulan ini Satlantas Polres Situbondo selalu melaksanakan kegiatan patroli di sekitar wilayah Kota Situbondo.

Saat melaksanakan patroli hunting system, petugas melakukan penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas yang kasat mata dan juga penegakan disiplin dengan menegur pengendara yang tidak disiplin dalam protokol kesehatan. Misalnya seperti tidak memakai masker.

Kegiatan patroli hunting sistem dipimpin langsung Kanit Turjawali Iptu Teguh Santoso SH dengan rute jalan raya yang ada di dalam Kota Situbondo. kawasan itu meliputi Jalan Ahmad Yani, Jalan Ahmad Jakfar, Jalan Basuki Rahmat dan Jalan Cempaka. Hampir semua pelanggar peraturan dan rambu rambu lalu lintas diberi tindakan tegas. Termasuk diantaranya warga yang kedapatan tidak menerapkan prokes diberi peringatan.

Kasat Lantas AKP Anindita Harcahyaningdyah mengatakan patroli hunting sistem bertujuan untuk menekan pelanggaran lalu lintas secara kasat mata seperti tidak memakai helm, motor tidak sesuai spektek, tidak memakai spion standar dan tidak memakai sabuk keselamatan bagi pengendara mobil.

“Selain pelanggaran lalu lintas, Satlantas juga menegur dan memberi edukasi tentang pentingnya prokes Covid-19 kepada pengendara. Mereka diwajibkan untuk memakai masker,” papar Anindita.

Dari kegiatan patroli tersebut diharapkan salah satu upaya peningkatan kesadaran masyarakat bisa segera terwujud dengan baik. Termasuk juga, ujar Anindita, dari kegiatan tersebut jajaran Satlantas Polres Situbondo meminta para pengguna jalan raya untuk selalu tertib dalam berlalu lintas.

“Ini sasarannya untuk keselamatan semua pengendara jalan raya Situbondo dan untuk kesehatan dimasa pandemi Covid-19 ini. Caranya semua pengguna jalan raya harus selalu disiplin dalam menerapkan prokes 5M,” pungkas Anindita. [awi]

Tags: