Benefit Tingkatkan Pelanggan Media Online

Vice President Digital Advertising Telkomsel, Haryati Lawidjaja, CEO & Co-Founder Access Mobile Eunjae Won, Managing Director Access Mobile Indonesia Danny Jong dan General Manager Retail & Couponing Telkomsel Edwin Ariono saat peluncuran layanan eKado.

Vice President Digital Advertising Telkomsel, Haryati Lawidjaja, CEO & Co-Founder Access Mobile Eunjae Won, Managing Director Access Mobile Indonesia Danny Jong dan General Manager Retail & Couponing Telkomsel Edwin Ariono saat peluncuran layanan eKado.

Surabaya, Bhirawa
Media online kini menjadi sarana bagi seluruh masyarakat untuk melakukan segalah hal dengan mudah salahsatunya adalah dengan berkomunikasi maupun berbelanja, Bahkan sudah banyak perusahaan telekomunikasi maupun ritel juga menawarkan jasanya melalui media online.
Seperti Telkomsel dan Access Mobile yang telah menambah layanan untuk meningkatkan benefit bagi pelanggannya melalui Digital Advertising, dengan memperkenalkan eKado, sebuah layanan digital mobile voucher yang menawarkan cara baru untuk membeli hadiah berbentuk kupon  digital dengan mudah.
Menurut  Vice President Digital Advertising Telkomsel, Haryati Lawidjaja saat dikonfirmasi Bhirawa melalui telepon selulernya, Senin (19/10) kemarin mengungkapkan, telah banyak  terjadi perubahan gaya hidup masyarakat di era digital ini, salah satunya adalah dengan meningkatnya minat masyarakat Indonesia untuk berbelanja melalui media online.
“Selain itu masyarakat Indonesia juga terkenal dengan sifat berbaginya atau sosial, menangkap perkembangan ini khusus bagi pelanggan Telkomsel kami hadirkan layanan eKado  yang akan memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berbagi dengan orang terkasih dimana saja dan kapan saja,” ujarnya.
Haryati menambahkan bahwa Telkomsel Digital Advertising berkomitmen untuk terus melakukan inovasi pada produk dan layanan digitalnya, untuk meningkatkan benefit dan kepuasan baik untuk para advertiser (pengiklan) maupun pelanggan, termasuk dengan memperluas kerjasama dengan merchant-merchant yang memiliki penawaran menarik bagi para pelanggan.
Sementara layanan Digital Advertising disambut masyarakat sangat positif, terbukti dari pertumbuhan pendapatan Telkomsel Digital Advertising di semester pertama tahun 2015 mencapai  110 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2014. “Perkembangan positif ini tentunya juga didukung oleh perkembangan ekosistem digital yang signifikan, yang meliputi kesiapan jaringan serta penetrasi smartphone di masyarakat,” katanya.
Sedangkan PT XL Axiata Tbk (XL) juga mengembangkan dan menghadirkan layanan inovatif berbasis Internet of Things (IoT) sebagai solusi bagi kalangan bisnis berbagai sektor dengan menandatangani kerjasama dengan Perusahaan Umum Damri dalam menyediakan sistem pemantauan “Passenger Information System” yang akan digunakan bagi layanan transportasi publik Damri.
Menurut Direktur Utama XL, Dian Siswarini mengatakan, kami berusaha untuk selalu jeli melihat persoalan yang dihadapi oleh teman-teman di berbagai sektor dan memikirkan apa yang bisa dilakukan untuk mencarikan solusinya secara digital.
“Kami berharap sistem baru yang kami kembangkan bersama Damri ini akan bisa maksimal dan membantu peningkatan kinerja Damri sebagai perusahaan transportasi legendaris di Indonesia,” pungkasnya.
Menurut Dian, transportasi selalu menjadi kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat Indonesia, berbagai jenis transportasi yang hadir pun semakin beragam. Begitu juga tuntutan kualitas layanan dari pengguna yang pasti semakin tinggi. “XL melihat hal ini sebagai potensi untuk mengembangkan solusi berbasis IoT yang bisa dimanfaatkan oleh para penyelenggara jasa angkutan publik seperti Damri,” tuturnya.
Sistem pemantauan yang dirancang oleh XL ini bermanfaat baik bagi penumpang, pengemudi bus, maupun pengelola manajemen perusahaan Damri. “Bagi penumpang, keberadaan sistem yang berbentuk aplikasi ini akan memungkinkan mereka mengetahui waktu kedatangan bus sehingga dapat menghemat waktu tanpa perlu mengantri di terminal, mempermudah transaksi pembelian tiket, bahkan bisa memonitor anggota keluarga yang sedang dalam perjalanan,” jelas Dian. [riq]

Tags: