Tingkatkan Kemampuan, Prajurit Yonif Para Raider 501/BY Ikuti Terjun Taktis di Plandaan

Penerjunan prajurit Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha di Desa Karangmojo, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Kamis (12/11). [arif yulianto]

Jombang, Bhirawa
Sebanyak 270 prajurit dari Batalyon Infanteri (Yonif) Para Raider 501/Bajra Yudha mengikuti terjun taktis di Desa Karangmojo, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Kamis pagi (12/11). Ratusan prajurit Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha ini diterjunkan dari pesawat dan mendarat di persawahan di desa setempat.
Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) Para Raider 18/Trisula, Kolonel Inf Ahmad Hadi Al Jufri di lokasi menjelaskan, latihan terjun taktis ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan Satuan Para Raider dalam melaksanakan Operasi Lintas Udara.
“Dalam hal ini, ini satuan dari Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha yang melaksanakan penerjunan taktis,” ujar Kolonel Inf Ahmad Hadi Al Jufri.
Setelah penerjunan, masih dalam kegiatan peningkatan kemampuan Operasi Lintas Udara, prajurit Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha ini juga mengikuti kegiatan taktis lainnya seperti perebutan sasaran dan kegiatan taktis lainnya.
“Itu adalah bagian-bagian dari Operasi Lintas Udara,” tandas Kolonel Inf Ahmad Hadi Al Jufri.
Pantauan di lokasi, setidaknya, penerjunan prajurit Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha ini dibagi menjadi 5 sesi penerjunan. Penerjunan pertama dilaksanakan sekitar pukul 05.30 WIB, dan penerjunan ke-5 atau penerjunan terakhir dilaksanakan sekitar pukul 09.30 WIB. Persawahan yang menjadi titik-titik penerjunan terpantau dalam kondisi sedang tidak ada tanaman.
Dikatakan Kolonel Inf Hadi Al Jufri, dipilihnya daerah Plandaan, Kabupaten Jombang sebagai tempat penerjunan, karena untuk kegiatan penerjunan, pihaknya membutuhkan area yang luas.
“Jadi area yang mendekati ideal dalam hal ini adalah daerah Plandaan. Sehingga memudahkan prajurit dalam melaksanakan kegiatan taktis dan selanjutnya dilaksanakan serbuan, sehingga memungkinkan daerahnya,” beber Kolonel Inf Ahmad Hadi Al Jufri. [rif]

Tags: