Tingkatkan Layanan Adminduk, Pemkot Surabaya Luncurkan Media Publikasi Swargaloka

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memberikan sambutan saat peresmian Media Publikasi Swargaloka di Mal Pelayanan Publik Siola.

Surabaya, Bhirawa
Pemkot Surabaya terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Kota Surabaya. Terbaru, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meresmikan Media Publikasi Suara Warga Mengelola Kebutuhan Adminduk (Swargaloka) yang dibuat oleh Dispendukcapil Kota Surabaya.

Peresmian Media Publikasi Swargaloka tersebut, digelar di Mal Pelayanan Publik Siola Lantai 3 Kota Surabaya, Rabu (27/10). Tidak hanya itu, pada kesempatan tersebut Wali Kota Eri juga didapuk menjadi narasumber perdana di Podcast Swargaloka, yang juga disiarkan oleh Radio Suara Surabaya.

Wali Kota Eri mengatakan, bahwa Swargaloka ini merupakan Media Publikasi yang berkaitan dengan informasi seputar pelayanan Adminduk di Kota Surabaya. Nantinya, informasi pelayanan tersebut bisa diakses oleh masyarakat Kota Surabaya melalui media sosial (Medsos), yakni YouTube, Instagram, Twitter, hingga Spotify.

“Alhamdulilah kita meluncurkan Swargaloka, yaitu Suara Warga Mengelola Kegiatan Adminduk. Ini yang membuat saya semakin yakin, bahwa pelayanan kependudukan bisa berhenti di tingkat Kelurahan. Bila hal itu tercapai, berarti semua pelayanan sudah dekat dengan masyarakat. Nantinya akan beralih menggunakan aplikasi online,” kata Wali Kota Eri.

Oleh karena itu, Wali Kota Eri berharap dengan adanya Media Publikasi Swargaloka, akan lebih memudahkan jalinan komunikasi antara Pemkot Surabaya dengan masyarakat terkait pelayanan Adminduk, agar lebih mudah mendengarkan aspirasi warga. Sebab, pada Januari 2022, Wali Kota Eri mengaku, warga Kota Surabaya diharapkan sudah bisa mengakses pelayanan Adminduk melalui aplikasi online.

“Insyaallah nanti per 1 Januari 2022, warga bisa mendapat pelayanan Adminduk cukup menggunakan aplikasi online. Jadi bisa diakses dirumah atau dimana saja,” ujar dia.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya juga menerangkan, bahwa Pemkot Surabaya melalui Dispendukcapil telah memiliki aplikasi Kalimasada, yakni aplikasi yang memudahkan warga untuk mendapat pelayanan Adminduk dan akan memberikan pelatihan di tingkat RT terkait aplikasi tersebut.

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji mengatakan, peluncuran Media Publikasi Swargaloka tersebut, terinspirasi dengan sosial media yang dimiliki oleh Humas Pemkot Surabaya. Serta, menjadi salah satu cara untuk mendekatkan pelayanan Adminduk kepada masyarakat. “Kami mencoba mengemas informasi pelayanan Adminduk melalui platform YouTube, Instagram, dan Podcast untuk lebih memudahkan warga,” kata Agus sapaan lekatnya.

Selanjutnya, Agus mengaku tengah menyiapkan tiga langkah strategis untuk aplikasi online yang akan diakses oleh masyarakat Kota Surabaya pada Januari 2022 mendatang. Pertama ia akan menyiapkan peraturan, karena tidak semua warga bisa melakukan layanan online secara mandiri. Kedua, menyiapkan sistem aplikasi, dan ketiga adalah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dari warganya.[iib]

Tags: