Tingkatkan Layanan Administratif, Kadindik Ajak Tendik Cabdindik Bangun Chemistry Baik

Para peserta bimtek Uji Kompetensi Kenaikan Jabatan Fungsional berfoto bersama Kadindik Jatim Aries Agung Paewai dan Kabid GTK Suhartatik

Dindik Jatim, Bhirawa
Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Uji Kompetensi Kenaikan Jabatan Fungsional pada 1-3 Desember 2023. Kegiatan ini menyasar 80 orang yang terdiri dari Kasub Bag TU, operator SIMPKB, operator SIMASTER dari 24 cabang dinas pendidikan (Cabdindik) wilyah kab/kota se Jawa Timur serta staf Dindik Jatim yang menangani E-Master dan Kepegawaian.

Dalam kesempatan ini, Kepala Dindik Jatim, Aries Agung Paewai mengajak seluruh peserta untuk membangun chemestry masa depan Dindik yang lebih baik dalam hal pelayanan administrasi.

Ia menyebut, jika langkah itu diawali dengan sesuatu yang baik, ikhlas dan berdasarkan hati nurani maka akan berdampak baik bagi pendidikan di Jawa Timur.

“Ada sesuatu perubahan yang kadang-kadang begitu cepat perubahan itu, sehingga membutuhkan perhatian yang sangat serius dari kita , agar tidak terjadi kesalahan, miss komunikasi dan kebutuhan percepatan yang dilakukan oleh kita sebagai pelayan administrasi kepegawaian di dindik Jatim. Ada kesempatan dan peluang yang saya harapkan kita membangun chemistry semakin baik untuk Dindik Jatim kedepan,” ujar Aries, Jumat (1/11) malam.

Ia juga menambahkan, jika kemendikbudristek melakukan perubahan drastis dan sangat baik maka di lingkungan Dindik juga harus melakukan perubahan sangat signifikan.

Pj Wali Kota Batu ini mencontohkan seperti saat pelantikan 200 kepala sekolah, pihaknya menekankan peran kepala sekolah sebagai manjerial di satuan pendidikan harus merubah sistem didalam manajemen sekolahnya.

“Apakah menajemen menerapkan kurikulum pendidikan, maupun Bagaimana mereka mengkoordinir mengawasi dan membina bagi para guru di satuan pendidikan. Kalau di tataran satuan pendidikan kepala sekolah dilakukan penataan sedemikian rupa. Maka seharusnya para tenaga di cabdin yang menangani kepegawaian harus juga melakukan perubahan yang signifikan,” tegas Aries.

Karenanya, pihaknya berharap waktu yang diberikan melalui bimtek peningkatan kompetensi utamanya administrasi teknis dilingkungan cabdin wilayah masing-masing agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Tentu saja, hal tersebut juga harus diimbangi dengan implementasi.

“Tujuan saya ingin membangun chemistry yang baru bagi ASN kita dilingkungan Dindik. Saya minta harus ada perubahan di satuan pendidikan di manapun di wilayah cabdin. Ayo kita bangun dinas pendidikan semakin baik dan semakin bermutu dalam pelayanan. Bagaimana proses adminitrasi bisa memudahkan mereka,” tegasnya.

Aries juga berharap, melalui kegiatan ini output yang diharapkan sudah harus merubah cara melayani atau dengan jemput bola pelayanan.

“Kalau ada inovasi dalam memudahkan semua proses, itu lebih bagus. Pelayanan cepat update dan jemput bola ini pelayanan inovasi bagi kita semua. Gak harus hanya berbasis digitalisasi,” pungkas dia.

Sementara itu, puluhan peserta yang mengikuti kegiatan bimtek ini akan mendapatkan materi dari kebijakan san mekanisme uji kompetensi jabatan guru dan pengawas. Serta kebijakan regulasi uji kompetensi kenaikan jabatan guru dan pengawas. Kedua materi tersebut diberikan oleh BKN KANREG II dan Kemdikbudristek. [ina]

Tags: