Tingkatkan Nasionalisme, BMI Bondowoso Terbitkan Buku bersama 10 Pemuda

Ketua DPC BMI Bondowoso, Muhammad Irsan Marwanda Bachtiar (baju merah) bersama penerbit buku, Licensi saat melaunching buku yang berjudul “Suara Banteng Muda Indonesia”. (Ihsan Kholil/Bhirawa)

Bondowoso, Bhirawa
Dalam meningkatkan rasa nasionalisme, yakni untuk berkarya sekaligus memberikan kontribusi nyata. Banteng Muda Indonesia (BMI) Bondowoso yang merupakan sayap partai DPC PDIP setempat menggandeng 10 pemuda membuat buku berjudul “Suara Banteng Muda Indonesia”.

Ketua DPC BMI, Muhammad Irsan Marwanda Bachtiar, menerangkan, masing-masing pemuda itu merupakan peserta yang berhasil menjuarai lomba penulisan naskah dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan yang diselenggarakan oleh BMI.

“Rasa nasionalisme kita tuangkan dalam bentuk karya (buku-Red), kita sekarang launching dan bedah buku,” kata Irsan usai kegiatan Launching dan Bedah Buku “Suara Banteng Muda Indonesia” di NYK Cafe, Minggu (28/11).

Hal yang demikian dilakukan yakni dengan tujuan bahwa pihaknya juga untuk mendukung program pemerintah seperti Gelida (Gerakan Literasi Daerah).

“Sebagai generasi muda kita berikan kontribusi yang nyata output-nya, yakni karya buki” ungkapnya.

Irsan menerangkan, di masing-masing pemuda menuliskan tentang nasionalisme yang substansinya tentang kecintaan terhadap NKRI dikemas melalui sudut pandang masing-masing. Mulai dari sudut pandang budaya, teknologi, birokrasi, dan lainnya.

“Teman-teman lebih membahas global tentang nasionalisme dari sudut pandang masing-masing. Jadi apa yang kita banggakan dari negara kita, bangsa kita, tantangan kita,” katanya.

Pria yang juga jadi anggota DPRD Fraksi PDIP itu memastikan bahwa dalam buku tersebut membahas global tentang nasionalisme. Tak ada pembahasan tentang kepartaian, walaupun BMI merupakan anak kandung PDIP.

“Tapi untuk kepartaian, meskipun kita anak kandung dari PDIP. Kita masih belum membahasa, karena arah belum ke sana. Murni, tema nasionalisme yang dikemas dalam berbagai sudut pandang,” tandasnya. [san]

Tags: