Tingkatkan PADes, Pemdes Pundutrate Kecamatan Benjeng Gresik Bangun Perthashop

Infrastruktur Perthasop yang sudah selesai dibangun. (kerin Ikanto/bhirawa).

Gresik,Bhirawa
Beragam cara telah dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Pundutrate, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik. Untuk meningkatan pendapatan desa salah satunya adalah membangun Pertashop (Pertamina Shop) yang dinilai   bisa menghasilkan banyak profit.

Infrastruktur Pertashop yang lokasinya tak jauh dari perempatan Metatu itu  sudah selesai dibangun. Pembangunan Pertashop  itu telah menghabiskan anggaran Rp 1,2 miliar yang sumber danya dari dana desa dan Bumdes.

“Untuk infrastrukturnya sudah selesai dibangun. Tinggal menunggu mesin pompanya saja. Mudah – mudahan tahun ini sudah bisa beroperasi,” tutur Muslik, Kepala Desa (Kades) Pundutrate  di kantornya, Selasa (13/06/2023).

Pertashop itu kata Muslik, akan dilengkapi dua unit mesin pompa. Untuk satu unit mesin pompa harganya diperkirakan mencapai Rp. 255 juta. Jika Pertashop itu sudah beroperasi, Muslik optimis bakal ramai konsumen. Apalagi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan pom mini saat ini juga mulai menurun.

“Kalau sudah jalan saya percaya bakal ramai. Karena kita bukan jual barang baru,” terang Muslik yang pernah  puluhan tahun berkerja di Pertamina ini.

Belum lagi ditambah  jumlah warganya yang cukup banyak, yaitu sekitar 821 KK, membuat Muslik  semakin optimis. Dalam satu KK saja 1-2 bahkan lebih sepeda motor yang dimiliki warganya. Tidak hanya itu, para pemilik kios-kios yang ada di kampung juga akan  disuplai dengan cara  sistem jemput bola.

Selain itu, Muslik juga berencana menerbitkan Peraturan Desa (Perdes). Setiap warga Pundutrate harus membeli bensin di Pertashop  milik desa itu.

“Untuk harga tetap sama dengan harga umum. Sebab, soal harga itu sudah diatur oleh Pertamina langsung.” kata bapak dua anak ini. (eri.hel)

Tags: