Tingkatkan Pelayanan, Diskan Kabupaten Situbondo Wajibkan Tamu Ikuti 5-M

PKL saat menunjukkan stiker tulisan prokes di ruang Seksi Pengawasan Usaha dan Hasil Perikanan pada Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo Jumat (19/2). [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Situbondo, melalui Seksi Pengawasan Usaha dan Hasil Perikanan terus melakukan sejumlah terobosan dan inovasi peningkatan pelayanan kepada masyarakat sehingga tamu yang berkunjung ke Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo, yang beralamat di Jalan Basuki Rahmat Kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji Situbondo mendapatkan sambutan yang terbaik. Salah satu bentuk pelayanan tersebut, diantaranya mewajibkan para tamu untuk selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes) dan tahapan 5-M.

Kepala Dinas Perikanan Sopan Efendi melalui Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan Usaha dan Hasil Perikanan Kabupaten Situbondo, Fathorrahman mengatakan, ada sejumlah cara dan strategi agar upaya peningkatan pelayanan itu tepat sasaran.

Pertama, ungkap Fathorrahman, dengan menyediakan layanan sistem online atau elektronik. “Yang kedua, kami sudah lama menempelkan tulisan atau stiker di pintu masuk yang berisi imbauan menerapkan protokol kesehatan,” jelas Fathorrahman.

Tak hanya itu saja, ujar penasehat utama Graha Panarukan Residence Kabupaten Situbondo itu, pihaknya secara serius menempelkan tulisan berisi himbauan kepada setiap tamu untuk selalu menerapkan 5 M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas). “Kami sangat optimis dengan ikut menghimbau penerapan pola 5-M itu, maka upaya pencegahan virus corona oleh Satgas Covid-19 di Kabupaten Situbondo, merasa terbantu,” ungkap Fathorrahman.

Masih kata Fathorrahman, dengan penerapan program 5-M tersebut, pihaknya sejak jauh hari sudah menyediakan sejumlah sarana prasarana penting yang dibutuhkan bagi setiap tamu yang akan berkunjung ke ruang Seksi Pengawasan Usaha dan Hasil Perikanan pada Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo.

Di antaranya, sebut Fathorrahman, hand sanitiser, sabun cuci tangan, air secara mengalir dan prasarana yang lain. “Semua itu untuk meningkatkan pelayanan dan upaya pencegahan penularan virus corona di Kabupaten Situbondo berhasil dengan baik,” jelas Fathorrahman.

Terakhir, sambung Fathorrahman, sebagai mitra kerja para pelaku usaha pembudidaya tambak ikan dan hacthery (tambak udang) pihaknya juga terus melakukan inovasi sistem pelayanan secara online. Upaya ini, jelas dia, dilakukan dengan menyediakan pelayanan secara prima dan cepat.

“Misalnya saja, ada sejumlah mitra dari kalangan pengusaha tambak dan hachery di Kabupaten Situbondo yang mau berkonsultasi, kami mempersilahkan melakukan secara online atau elektronik,” pungkas Fathorrahman.[awi]

Tags: