TK Kartika Gelar Lomba Seni Rupa dengan Teknik CAP

Bojonegoro, Bhirawa
Dalam rangka kegiatan Parenting, Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia dan Persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI-PGRI) Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro, Minggu (9/2) lalu menggelar Lomba Seni Rupa anak dan orang tua dengan teknik CAP dengan bahan alami, di Gedung Serbaguna, Bojonegoro.
Sebanyak 60 siswa dari Yayasan TK Kartika IV-47 Kabupaten Bojonegoro turut ambil bagian pada lomba dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas Guru, orang tua dan anak. Hadir dalam kegiatan ini Ketua Yayasan TK Kartika IV-47 Ny Evi Bambang Hariyanto, Kepala Sekolah Danes Resty Arie Sofyana, serta para Guru Pendamping.
Ketua Yayasan TK Kartika IV-47 sekaligus Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Kodim 0813 Bojonegoro Ny Evi Bambang Hariyanto menjelaskan, kegiatan ini perlu dilaksanakan, karena aspek seni merupakan salah satu aspek penting didalam perkembangan anak usia dini.
Sebab pengembangan aspek seni di TK merupakan salah satu dari bidang pengembangan kemampuan dasar, untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
“Kemampuan seni perlu ditanamkan pada anak di usia dini. Karena seni merupakan kemampuan dasar dalam pengembangan daya cipta, kreativitas, imajinasi dan kepribadian anak,” ujarnya.
Sebab pada usia dini adalah masa yang penting bagi seorang anak untuk mengembangkan kemampuan seninya melalui aktivitas seni. Selain itu, antara Guru dan orang tua harus saling mendukung dalam proses pembelajaran. Pengajaran di rumah, hendaknya sama dengan yang diajarkan di sekolah. Sehingga anak-anak mendapatkan pengajaran yang optimal, serta antara Guru dan orang tua saling bersinergi.
“Anak – anak yang tumbuh pada lingkungan pengasuhan dan pendidikan yang baik akan mampu mengembangkan kemampuan seninya. Karena mereka akan berani bereksplorasi, bereksperimen, berimajinasi, serta berani mencoba dan mengambil resiko. Tentu semua itu tergantung pada lingkungan belajar anak,” pungkasnya.
Juara dalam lomba ini, Kelompok A (Usia 4-5th) ; Juara I, TK Kartini, Juara II, TK Singa Jaya dan Juara III, TK ABA II. Harapan I, TK ABA II; Harapan II, TK Bhayangkara 6; Harapan III, TK Bina Ana. Kemudian, Kelompok B (Usia 5-6th) ; Juara I, TK AB Percontohan; Juara II, TK PGRI I dan Juara III, TK ABA II. Sedangkan Harapan I, TK Bhayangkari 64; Harapan II, TK Singa Jaya dan Harapan III, TK ABA II. [bas]

Tags: