TNI Tanam Padi Bersama Petani Mojokerto

5-Foto A- Wali kota Tanam Padi-kar-1Mojokerto, Bhirawa
TNI bersama petani siap mendukung program ketahanan pangan nasional yang  diinstruksikan Presiden Joko Widodo, Kodim 0815 Mojokerto menjalin kerjasama dengan Dinas Pertanian Pemerintah Kota Mojokerto sekaligus penanaman padi secara serempak bersama Wali Kota Mojokerto, Mas’ud Yunus dan Forpimda Mojokerto di areal persawahan Desa Gunung, Gedangan, Selasa (27/1) kemarin.
Dandim 0815/Mojokerto, Letkol Arm Putranto Gatot Sri Handoyo mengatakan pada tiga tahun mendatang Negara Indonesia harus mampu berswasembada pangan, sehingga tak perlu lagi mengimport beras dari negara lain. Melalui Danramil dan Babinsa TNI akan ikut melaksanakan tugas pendampingan, bukan untuk mengambil alih tugas tugas dinas terkait.
”Terutama tugas pendampingan musim tanam, menghadapi hama terutama tikus, distribusi pupuk dan lain-lain dalam rangka mensukseskan program ketahanan pangan nasional di wilayah Kota Mojokerto, sehingga baik Danramil maupun Babinsa harus selalu berkoordinasi dengan pihak yang terkait dalam program ini,” jelas Dandim.
Ketua Kelompok Tani Gedang Sari dari Desa Gunung Gedangan, Suhartono mengatakan, petani Desa Gunung Gedangan hanya mampu tanam dua kali dalam setahun, terutama disebabkan beberapa kesulitan diantaranya karena kesulitan air pada masa tanam, kedua sehingga hal ini juga berpengaruh pada hasil panen yang tak bisa maksimal.
”Maka dengan adanya kegiatan pendampingan dari TNI kami sungguh sangat menyambut baik dan positif , dengan harapan semoga dapat meningkatkan hasil panen kami,” ujarnya.
Sementara itu, Asisten I Sekda Kota Mojokerto mengatakan, Kota Mojokerto bertekad mendukung suksesnya program Ketahanan Pangan Nasional. ”Untuk itu Pemkot Mojokerto siap bekerja sama dengan Kodim 0815 dalam rangka meningkatkan hasil panen di masa yang akan datang, dimana dalam pelaksanaannya akan selalu dikoordinasikan dengan Dinas Pertanian Kota Mojokerto,” kata Marjono.
Usai penandatanganan MoU antara Dandim 0815/Mojokerto dengan Kepala Dinas Pertanian Kota Mojokerto, disaksikan Danrem 082 CPYJ dan Wali Kota Mojokerto, kegiatan diakhir dengan penanaman padi secara simbolis oleh Wali Kota Mojokerto, Danrem 082/CPYJ, dan segenap anggota Forpimda Mojokerto. [kar]

Keterangan Foto : Wali kota Mojokerto H Mas’ud Yunus (depan bertopi) menanam padi bersama TNI, Selasa (27/1) kemarin. [kariyadi/bhirawa]

Tags: