TP PKK Harus Mampu Jadi Penggerak di Masyarakat

7-FOTO Adv Senin 16 Juni - Foto 1Lumajang, Bhirawa
Semakin lama TP PKK ternyata mempunyai tugas yang tidak ringan. Salah satunya adalah harus mampu menjadi penggerak di tengah dinamika masyarakat. Dengan peran dan tugas ini maka keberadaan TP PKK dan eksistensinya semakin nyata di masyarakat.
Sekaligus menjadi salah satu motivator dalam mengajak masyarakat untuk terus berkiprah dalam mensukseskan program-program pemerintah. Termasuk dalam upaya memperoleh apresiasi dan penghargaan  baik di tingkat regional maupun nasional.
Hal ini terungkap dalam pembukaan jambore PKK se Kabupaten Lumajang di PTP XII Kecamatan Gucialit berlangsung sampai (12/06). Kegiatan Jambore ini sendiri dilaksanakan selama 2 hari. Beberapa kegiatan positif dan kreatif menjadi agenda dalam jambore tahun ini.
Di antaranya Lomba cerdas cermat, penyuluhan dan bakti sosial yang bertujuan untuk membuka wawasan seluruh kader PKK, terutama yang berkaitan dengan 10 program pokok PKK. Jambore ini diikuti oleh 40 orang tim PKK Lumajang, 21 tim PKK kecamatan, dan 205 orang tim PKK desa dan kelurahan.
Ketua Panitia Jambore PKK, Minik Triwahyuni Buntaran dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini diharap dapat menjadi ajang silahturahmi antara pengurus tim PKK baik tingkat kabupaten sampai desa. ”Selain itu juga sebagai wadah bertukar informasi antara sesama kader dan pengurus PKK,” jelasnya.
Tentu saja didalamnya termasuk penerapan 10 program pokok PKK. Program PKK perlu diimplementasikan sehinga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan kader dan masyarakat secara umum.¬† Asisten Tata Praja, Drs. Mashudi M.Si yang hadir sekaligus membuka kegiatan Jambore mengatakan, keberhasilan Kabupaten Lumajang dalam memperoleh penghargaan Adipura sembilan kali berturut-turut adalah bentuk kerja keras masyarakat Lumajang dalam menjaga kebersihan. ”Dan semua itu diawali di lingkungan masing-masing, di mana salah satu penggeraknya adalah para kader PKK,” katanya serius.
Khususnya di tingkat masyarakat bawah. Sehingga tidak berlebihan jika dikatakan kader PKK lah yang berhasil mewujudkan Adipura Kencana kembali di Kabupaten Lumajang. “Ini sekaligus keberhasilan kader PKK dalam program kebersihan,” ujar Masudi.
Menurut Mashudi melalui Jambore ini, PKK sebagai mitra kerja Pemerintah Kabupaten di harap mampu mewujudkan kader PKK yang lebih solid lagi. ”Sehingga seluruh program pemerintah dapat terlaksana dan tersosialisasikan dengan baik sampai ditingkat dasar,” harapnya.
Hal yang perlu diteladani adalah keikhlasan seluruh Kader dan pengurus PKK yang selama ini bertugas sukarela tanpa pamrih, semua itu semata-mata demi untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan Lumajang yang lebih baik. [yat]

Keterangan Foto : Jambore TP PKK Kabupaten Lumajang berlangsung di PTP XII Kecamatan Gucialit. [Dayat/Bhirawa]

Tags: