TPO Regional Meeting 2024, Perjuangan Pariwisata Kota Batu Menuju Dunia Internasional

Pj Wali Kota Batu, Aries AP saat mempromosikan potensi pariwisata Kota Batu di TPO Regional Meeting 2024 Malaysia, 13-14 Mei 2024.

Kota Batu,Bhirawa.
Pembangunan potensi pariwisata Kota Batu terus bergeliat. Tak hanya dalam skala nasional, tetapi pergerakan dunia wisata di kota ini terus merambah dunia internasional. Dan untuk melebarkan jalan menuju ke sana, Penjabat (Pj) Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai bergerak aktif mempromosikan potensi wisata yang dimiliki. Dan salah satunya dengan mengikuti Tourism Promotion Organization Regional Meeting 2024 yang digelar di Kuantan City, Malaysia.
 
Melalui rangkaian kegiatan pertemuan insan pariwisata tingkat regional yant digelar Tourism Promotion Organization (TPO), Aries AP memaparkan beragam potensi pariwisata yang ada di Kota Wisata Batu (KWB). Pertemuan regional yang digelar dua hari, 13- 14 Mei 2024, Pj walikota juga mengenalkan produk unggulan dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang banyak dimiliki kota ini.
 
“Kita ingin mempromosikan Kota Batu lebih luas. Dan semoga dengan pertemuan ini membawa hasil yang bagus. Kami siap menyambut kunjungan wisatawan internasional di Kota Wisata Batu,” kata Aries AP.
 
Di depan forum TPO Regional Meeting, Aries memaparkan tentang beragam potensi wisata Kota Batu yang didukung 137 akomodasi, dengan 257 pelaku jasa pariwisata, aneka 1.278 aneka kuliner baik restoran, cafe maupun usaha kuliner lain.
 
Kemudian melanjutkan memaparkan 47 destinasi tujuan wisata, baik wisata alam maupun wisata buatan. Hal ini disertai dengan pembahasan 17 sub sektor potensi kebudayaan.
 
Berdasarkan data Dinas Pariwisata (Disparta) pada Triwulan IV Tahun 2023, target kunjungan wisatawan Kota Batu tercapai 10.116.570 orang. Dari angka tersebut wisatawan mancanegara mencapai 10.821 orang. Dan saat ini Kota Batu mengejar tantangan barunya untuk bisa mencapai kunjungan wisata sebesar 11 juta bahkan 12 juta wisatawan di tahun 2024 agar grafik kunjungan wisata bisa terus naik.
 
Hal Ini membuktikan bahwa Kota Batu menjadi salah satu destinasi kunjungan terbaik di Jawa Timur. “Melalui industri pariwisata, pertanian, dan UMKM perputaran uang di Kota Batu tembus Rp 215 miliar dengan rata-rata pengeluaran wisatawan berkunjung sebesar Rp 1,8 juta per orang,” jelas Aries AP.
 
Dukungan Signigikan Pariwisata Dalam Pertumbuhan Ekonomi
Majunya dunia pariwisata Kota Batu ini berkontribusi tinggi pada pertumbuhan ekonomi kota ini. Pada tahun 2023 Kota Batu mampu meraih pertumbuhan ekonomi 6,19 persen. Didukung dengan lapangan usaha jasa lainya akhirnya Kota Batu mengalami pertumbuhan paling tinggi, yakni sebesar 9,92 persen.
 
Adapun untuk nilai investasi Pemerintah Kota Batu di tahun 2023, dari target Rp 700 miliar tercapai sebesa Rp 1.53 triliun. Dari angka tersebut terdiri dari 19 penanaman modal asing (PMA), dan 102 penanaman modal dalam negeri (PMDN).
 
Kemudian untuk ahun 2024 pada kuartal pertama, investasi di Kota Batu jika dibandingkan year on year dengan tahun 2023 naik 28,9 persen. Dari prosentase itu dengan kata lain investasi yang sudah masuk sebesar Rp 437,5 miliar.
 
“Dan Pemerintah Kota Batu akan terus memberikan dukungan dan kemudahan untuk investasi, terutama di sektor pariwisata, pertanian, dan UMKM, demi mendukung visi dan misi pembangunan daerah,” ungkap Aries AP.
 
Komitmen ini terus dijalankan pemkot karena Kota Batu memiliki daya tarik yang kuat bagi para investor. Terutama investasi dalam sektor perdagangan, industri, pariwisata, dan akomodasi.
 
Aries juga mempromosikan beberapa even berskala internasional yang ada di Kota Batu. Di antaranya, International Hiking Mount Arjuna, Batu International Tourism Paragliding Festival, Sendratari Arjuna Wiwaha, dan Bantengan Nuswantara. Dan semua even ini berjalan seiring dengan perkembangan ekonomi kreatif dan agrowisata.
 
Diketahui, TPO Regional Meeting 2024 for Malaysian Members di Kuantan City ini dihadiri oleh lebih dari 150 tamu undangan dari berbagai daerah di Negara Malaysia. Pertemuan ini juga dihadiri langsung Secretary Jenderal TPO Woo Kyoung-ha.
 
Selain itu juga turut hadir Mayor of Kuantan City Dato’ Razihan bin Adzharuddin, Mayor of Kampar Mr Ahmad Suqairy bin Alias, Tuan Setiausaha Haji Nizam, Kuantan City Council, dan Pengarah Motac Pahang Encik Mohd Farid.
 
Aries memberikan apresiasi terhadap semua pihak yang berkolaborasi dan bersinergi serta berinovasi dalam mensukseskan promosi pariwisata Kota Batu. Termasuk kepada pihak yang mendukung kelancaran aktivitas pariwisata yang ada di kota berjuluk Kota Apel ini.(adv.nas)

Tags: